nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Angkat Jokowi di Aceh Meninggal Dunia Usai Idap Kanker Hati

Windy Phagta, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 10:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 16 337 2018784 ibu-angkat-jokowi-di-aceh-meninggal-dunia-usai-idap-kanker-hati-8i8vQ4RymK.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

BANDA ACEH – Ibu angkat Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selimah Inem Thursina meninggal dunia dalam usia 68 tahun. Selimah sempat dirawat di RSUD Datu Beru, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah akibat sakit kanker hati sebelum mengembuskan napas terakhir, pada Jumat 16 Februari 2019 malam.

“Malam pukul 22.00 WIB meninggal, pagi ini akan dikebumikan,” kata Ali Raban, Direktur Komunikasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-KH Ma’ruf Amin Provinsi Aceh kepada Okezone, Sabtu (16/2/2019).

Jenazah Selimah disemayamkan di rumah duka di Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Jenazah juga akan dimakamkan di kampung tersebut.

Ali Raban mengatakan pihaknya sudah mengabarkan berita duka itu ke TKN Jokowi-Ma’ruf sekaligus Presiden Jokowi di Jakarta.

“Presiden (Jokowi) mengucapkan belasungkawa, tapi belum ada informasi apakah akan pulang ke Aceh atau tidak. Kita tunggu saja mungkin setelah debat (kedua) nanti,” ujarnya.

Selimah Inem Thursina, ibu angkat Presiden Jokowi di Aceh (Istimewa)

Perwakilan Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Bener Meriah, kata Ali Raban, sudah melayat ke rumah duka. Sedangkan TKD Jokowi Provinsi Aceh masih menentukan waktu kunjungan.

“Pokoknya dalam waktu dekat kita akan berkunjung ke Bener Meriah,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Jokowi sempat tinggal di Aceh selama tiga tahun sejak 1986 hingga 1989.

Saat itu, dia bekerja untuk PT Kerta Kraft Aceh, setelah lulus kuliah ilmu kehutanan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Selama tinggal di Aceh, Jokowi sempat bermukim di Kampung Bale Atu, Bener Meriah. Jokowi yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah, sangat akrab dengan penduduk setempat.

Almarhumah Selimah dan suaminya Nurdin sudah menganggap Jokowi sebagai bagian dari keluarganya. Jokowi belajar mengaji di rumah itu sekaligus jadi anak angkat Selimah-Nurdin.

Usai jadi Presiden, Jokowi juga beberapa kali sowan dengan ayah dan ibu angkatnya itu. Salah satunya saat meresmikan Bandara Rembele, Bener Meriah, pada 2 Maret 2016.

Pertemuan Jokowi dengan orangtua angkatnya itu diselimuti suasana haru. Jokowi ikut menangis, memeluk dan mencium ayah angkatnya. Keduanya bercerita soal kehidupan bersama masa lalu.

Nurdin mengakui Jokowi sama sekali tak berubah sikap sejak masih muda hingga jadi Presiden. "Enggak ada berubah sikit pun," katanya.

(sal)

Berita Terkait

Jokowi Presiden

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini