nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Ingatkan Gubernur Jambi Belajar dari Pengalaman Zumi Zola

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 14 337 2017829 mendagri-ingatkan-gubernur-jambi-belajar-dari-pengalaman-zumi-zola-X6vvC4j048.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi definitif menggantikan Zumi Zola setelah kasusnya dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Fachrori Umar untuk belajar dari kasus Zumi Zola sehingga tidak mempermaikan APBD Jambi yang seharusnya untuk menyejahterakan masyarakat.

"Belajar dari pengalaman yang ada, hati-hati terhadap pembahasan anggaran," kata Tjahjo dalam keterangannya, Kamis (14/2/2019).

Tjahjo melanjutkan bahwa Fachrori Umar juga harus bisa membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk DPRD Jambi. Menurutnya, komunikasi tersebut akan mampu menyamakan persepsi sehingga semua pihak dapat bekerjasama dalam membangun wilayah administratif di Provinsi Jambi.

"Membangun komunikasi yang baik sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang pernah terjadi di Jambi," ujar dia.

Zumi Zola

Lebih lanjut, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan bahwa seluruh kepala daerah harus mampu memastikan tidak ada area rawan korupsi yang ada di pemerintahan daerahnya.

Dengan begitu, sambung dia, tak ada lagi kepala daerah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Salah satu pertimbangannya itu, (seperti) Jatim banyak prestasi, tapi juga banyak kepala daerah itu (ditangkap)," tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini