nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penetapan Hakim MK Ditunda, Mahfud MD Nilai Ada Muatan Politis

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 15:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017394 penetapan-hakim-mk-ditunda-mahfud-md-nilai-ada-muatan-politis-qs5sehwVen.jpg Mahfud MD (Foto: Oekzone)

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai penundaan hakim MK terdapat unsur politis. Namun hal itu dapat dimakluminya lantaran mengingat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memang lembaga politik.

“Politis itu dan tidak apa memang, kan DPR lembaga politik. Haknya DPR untuk menunda atau menetapkan sekarang,” ujar Mahfud MD saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

“Asalkan tidak melampaui masa jabatan hakim yang akan diganti habis. Barangkali masih bulan Maret akhir nanti jadi masih mungkin saja,” tambahnya.

Baca Juga: MK Hanya Kabulkan 15 Perkara Sepanjang 2018

Mahkamah

Mengenai penundaan tersebut, banyak yang mengkhawatirkan jika terjadi lobi politik. Terkait persoalan itu, Mahfud MD juga mengungkapkan hal yang sama. Kendati demikian, ia hanya tinggal menunggu hasilnya.

“Saya juga khawatir itu (lobi politik), tapi kan kita enggak bisa apa-apa, ya kan. Sebanyak yang khawatir cuma permainan-permainan terus mau diapakan, mereka boleh melakukan permainan itu,” terang Mahfud MD.

Seperti diketahui sebelumnya, Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan untuk menetapkan dua hakim MK yang baru pada 12 Maret 2019 usai masa reses. Sebelumnya, sempat dikabarkan kalau keputusan itu dijadwalkan pada 7 Februari 2019.

Adapun, terdapat dua calon hakim yang akan dipilih untuk menggantikan Wahiduddin Adams dan Aswanto. Diketahui masa jabatan keduanya akan berakhir pada 21 Maret 2019.

Mahfud MD

Baca Juga: Ketua MK Sambangi MNC Media untuk Sosialisasikan Aturan Pemilu 2019

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini