nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Pastikan Pemerintah Telah Cairkan Rp6,3 T untuk BPJS Kesehatan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 13:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 337 2016794 jokowi-pastikan-pemerintah-telah-cairkan-rp6-3-t-untuk-bpjs-kesehatan-C7g0ZFmMGk.jpg Presiden Jokowi (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah telah mencairkan Rp6,3 triliun untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Pemerintah tidak pernah telat dalam mencairkan anggaran kesehatan tersebut. Pasalnya, pada Februari 2019 ini telah mengucurkan dana sebesar Rp6,38 triliun untuk PBI yang dikelola BPJS Kesehatan dan awal Maret 2019 akan dikirim lagi Rp2,1 triliun.

"Awal April akan kita kirimkan lagi Rp6,3 triliun, tapi melalui audit BPKP, ya diaudit dulu, masa langsung dikirim, enak banget," ujar Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Selasa (12/2/2019).

Baca Juga: Jokowi Beberkan 4 Penyakit yang Jadi Pengeluaran Terbesar BPJS

Jokowi

Kepala Negara meminta BPJS Kesehatan agar bekerja maksimal dalam meng-cover kebutuhan peserta BPJS Kesehatan yang iurannya telah ditanggung pemerintah.

"Tadi saya sampaikan, pemerintah disiplin membayar iuran yang PBI dibayar di depan, karena saya tahu sumber defisit terbesar di BPJS itu berasal dari pekerja informal, kemudian disusul yang bukan pekerja," terang Jokowi.

Jokowi memastikan, pemerintah akan terus berupaya menyelesaikan defisit anggaran tersebut dengan merujuk hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Pemerintah akan terus membantu menyehatkan pengelolaan BPJS Kesehatan kita, sehingga yang sehat bukan hanya masyarakat, BPJS sehat, rumah sakitnya juga sehat dan bugar," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Jokowi

Baca Juga; Menteri LHK Sebut Presiden Jokowi Peduli Akan Persoalan Lingkungan

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini