nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah-Emil Dardak Dilantik Jadi Gubernur dan Wagub Jatim Rabu Pekan Ini

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 13:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 337 2016298 khofifah-emil-dardak-dilantik-jadi-gubernur-dan-wagub-jatim-rabu-pekan-ini-JnmkG5n1zL.jpeg Mendagri Tjahjo Kumolo (Sarah/Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memastikan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak akan dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, pada Rabu 13 Februari 2019. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada hari yang sama, Jokowi juga akan melantik Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola yang dipenjara karena korupsi. Fachrori sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Jambi.

“(Pelantikan) tanggal 13 (Februari) atas arahan Presiden (Jokowi),” kata

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di sela Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

 

Menurutnya tanggal tersebut dipilih karena masa jabatan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wakilnya Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berakhir pada 12 Februari 2019.

Agar tak mengalami kekosongan kepemimpinan, maka sehari setelahnya Khofifah-Emil Dardak langsung dilantik.

"Undang-undang mengatakan bahwa masa jabatan gubernur enggak boleh dikurangi satu hari," ujarnya.

Khofifah-Emil Dardak merupakan pasangan pemenangan Pilgub Jawa Timur 2018. Pasangan tersebut mengalahkan duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini