nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Janji Naikkan Harga Pembelian Gula Petani

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 19:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 337 2014539 jokowi-janji-naikkan-harga-pembelian-gula-dari-petani-kDdUq5A6kw.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para petani tebu di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/2/2019). Dalam kesempatan itu, ia berjanji akan menaikan harga pembelian gula di tingkat petani oleh Bulog.

Pemerintah menetapkan harga pembelian gula oleh Bulog sebesar Rp9.700 per kilogram. Nilai tersebut, dianggap petani tebu masih terlalu rendah dan menginginkan harga Rp10.500 per kg.

"Harga minta naik ke Rp10.500, tolong diberi waktu seminggu. Intinya semangatnya kita naikkan," ujar Jokowi saat acara pertemuan petani tebu dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1/2019).

Baca Juga: Prabowo Banyak Dengar Keluhan Petani & Emak-Emak

Jokowi

Jokowi belum dapat memperkirakan berapa kenaikan harga gula tersebut. Ia akan membentuk tim kecil terlebih dahulu yang berisi pemerintah, DPD, dan petani tebu.

"Berapanya belum diputuskan, diberi waktu seminggu," kata Jokowi.

Kepala Negara juga akan merevitalisasi pabrik-pabrik milik BUMN di sektor gula. Ia berharap dapat meningkatkan produktivitas gula di Tanah Air.

"Pabrik-pabrik mana yang harus direvitalisasi biar tahu yang prioritas, nomor 2, nomor tiga," ucap Jokowi.

Kemudian, persoalan petani tebu untuk penyediaan alat berat saat panen, Presiden pun segera menindaklanjuti permintaan tersebut kepada Menteri Pertanian Arman Sulaiman.

"Traktor sudah, yang untuk panen? Nanti saya perintahkan menteri pertanian siapkan masalah ini," tuturnya.

Jokowi

Baca Juga: Bidadari Jokowi Tolak RUU Permusikan, TKN: Pemerintah Ingin Industri Musik Indonesia Maju

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini