nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Benar TNI Menembaki Generasi PKI? Cek Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 11:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 06 337 2014287 apa-benar-tni-menembaki-generasi-pki-cek-faktanya-lW7KFIH6mf.jpg ilustrasi (Foto: Istimewa)

SALAH satu unggahan akun Instagram (IG) bernama @tni_indonesia_update membuat heboh lantaran menyebut bakal memusnahkan para pemuda dan pemudi kritis, termasuk apa yang disebut generasi PKI baru.

Dalam caption unggahan itu dituliskan "Sebaiknya para PKI dan generasi PKI baru serta pemuda-pemudi kritis di garis kiri. Dikumpulkan dalam satu gudang kemudian dijadikan sasaran tembak oleh Leopard. Aksi Yonkav 8 Narasingawaratama".

Hasil penelusuran Okezone, akun yang menyebar unggahan kontroversial dan sempat viral tersebut bukanlah milik TNI AD. Lebih tepatnya, tidak mewakili kebijakan TNI AD. Sehingga kebenaran kontennya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Berdasarkan keterangan pihak TNI, dalam hal ini Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya, akun tersebut bukan milik TNI AD.

"Akun milik TNI AD di IG yang telah terverifikasi adalah @tni_angkatan_darat," kata dia, Rabu (6/2/2019).

Begitu pula Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi, juga menegaskan bahwa akun Instagram @tni_indonesia_update itu bukan milik TNI.

Ia mengatakan, akun media sosial resmi milik TNI sudah tertera di laman Tni.mil.id, yakni: @PuspenTNI (Instagram), @Puspen_TNI (Twitter), Puspen TNI (YouTube), dan Pusat Penerangan TNI (Facebook).

Ia menegaskan, akun yang mencatut nama TNI masih gampang dibuat. Ia menduga ada kepentingan tertentu dalam pembuatan akun menggunakan nama instansinya ini.

Kini postingan video dengan keterangan teks provokatif di akun IG @tni_indonesia_update telah dihapus setelah mendapat sorotan publik. Saat mencoba melihat kembali pada Rabu (6/2/2019) pukul 11.25 WIB, unggahan itu sudah lenyap.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini