nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Foto Prabowo Bersama Cucu PKI, Ini Faktanya!

Ade Putra, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 05:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 04 337 2013360 beredar-foto-prabowo-bersama-cucu-pki-ini-faktanya-3oOhKaEfo5.jpg

BEREDAR foto Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto sedang salam komando dengan seorang pria berbaju merah. Pria itu disebut-sebut sebagai cucu dari PKI.

Seperti foto yang diposting oleh Page Facebook "Politik Micin" (http://bit.ly/2G8XN2C). Foto yang diunggah pada Minggu (3/2/2019) siang itu, kini sudah dibagikan 51 kali per tangkapan layar dibuat. Foto itu dilengkapi narasi: "Ini buktinya Prabowo bersama cucu PKI."

Hasil penelusuran Aribowo Sasmito, Co-Founder, Head of Fact Checker Committee di Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), ternyata informasi yang disebarkan ini adalah konten yang dimanipulasi. Dimana informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

"Foto yang digunakan oleh pembuat postingan adalah hasil suntingan menggunakan foto yang sudah beredar sebelumnya," jelas Aribowo dalam debunk-nya di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Minggu malam.

Dalam foto saat Prabowo salam komando dengan Arief Poyuono itu, kata Aribowo, pembuat postingan menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah berdasarkan foto hasil suntingan yang dibagikan. "Intinya, foto itu manipulasi," ujarnya.

Aribowo mengatakan, foto asli atau sumbernya pernah dimuat di portal daring GATRAnews (http://bit.ly/2Gi8BL8) dengan judul: "Puji Jokowi, Arief Poyuono Tak Khawatir Diprotes Prabowo Subianto".

Juga pernah dimuat di Rakyat Jateng (http://bit.ly/2G8tKs7), dengan judul: "Gerindra Puji Kebijakan Jokowi Impor Gas dari Singapura".

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini