nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 2 Februari: Peringatan HUT Universitas Indonesia hingga Feri Tenggelam di Papua Nugini

Neneng Hasanah, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 08:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 02 337 2012796 peristiwa-2-februari-peringatan-hut-universitas-indonesia-hingga-feri-tenggelam-di-papua-nugini-L4YCMpVtxK.jpg Universitas Indonesia (UI). (Dok Okezone)

JAKARTA – Tanggal 2 Februari merupakan hari ke 33 dalam kalender Gregorian. Beragam peristiwa penting dan bersejarah pun pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Misalnya, 2 Februari diperingati sebagai HUT Universitas Indonesia (UI) yang dirayakan setiap tahunnya. Hingga sebuah tragedi tenggelamnya kapal feri di lepas pantai Papua Nugini yang menghilangkan 300 awak dan penumpang, juga terjadi pada 2 Februari.

Berikut ini deretan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 2 Februari, yang dirangkum Okezone, Sabtu (2/2/2019).

1. Berdirinya New Amsterdam

Tepat pada 2 Februari 1653 New Amsterdam resmi menjadi kota. Pasalnya, permukiman yang dihuni orang-orang Belanda tersebut berkembang begitu pesat selama di bawah kekuasaan pemerintahan Belanda.

Letak New Amsterdam berada di ujung selatan Pulau Manhattan, Amerika Serikat (AS). Saat ini, kota tersebut lebih dikenal dengan nama New York yang menjadi kota terpadat di AS.

2. Universitas Indonesia (UI) memulai kegiatan

Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin pada masa kolonial Hinda-Belanda tahun 1949 menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Indonesia (UI). Sekolah tersebut bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa.

Kemudian, pada 2 Februari 1950, UI resmi memulai kegiatan dengan rektor pertama Ir R M Pandji Soercahman Tjokroadisoerio. UI juga dikenal sebagai perguruan tinggi ternama di Indonesia yang telah menghasilkan lulusan terbaik, seperti jurnalis senior, Najwa Shihab dan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Setiap tanggal 2 Februari pun diperingati sebagai hari kelahiran atau ulang tahun perguruan tinggi tersebut.

Indra Sjafri AFC

3. Kelahiran Indra Sjafri

Indra Sjafri lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 22 Februari 1963. Ia merupakan mantan pemain sepak bola yang pernah membela PSP Padang pada tahun 1980-an.

Kemudian, ia mulai dikenal luas hingga dunia sejak berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-19 menjuarai turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013. Saat ini, ia pun berperan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22.

4. Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang untuk Pertama Kali

Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon untuk pertama kalinya melakukan penerbangan pada 2 Februari 1974. Awalnya pesawat ini dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara, tetapi akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Pesawat ini pun telah digunakan oleh 25 angkatan udara di dunia. Selain itu, dikenal memiliki kemampuan tempur yang baik dengan berbagai macam inovasi, seperti kokpit tanpa bingkai yang dapat memperjelas penglihatan dan gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol saat kecepatan tinggi.

(Baca Juga : Waspada, Hujan Petir Intai Jakarta Hari Ini)

5. Kapal feri MV Rabaul Queen tenggelam

MV Rabaul Queen merupakan kapal feri penumpang yang dimiliki oleh serikat Papua Nugini Rabaul Shipping. Kemudian, tepat pada 2 Februari 2012 pagi, saat sedang melakukan pelayaran, kapal tersebut terbalik dan tenggelam.

(Baca Juga : Gunung Merapi Lontarkan Lava Pijar 4 Kali ke Arah Kali Gendol)

Hal tersebut terjadi karena adanya cuaca buruk yang melanda Laut Solomon. Alhasil, kapal pun dilanda oleh tiga ombak besar hingga tenggelam di lepas pantai Papua Nugini dekat Distrik Finschafen. Akibat peristiwa itu, 300 awak dan penumpangnya dinyatakan hilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini