Tanpa Rompi Tahanan, Buni Yani Dieksekusi ke Lapas Gunung Sindur

Wahyu Muntinanto, Okezone · Jum'at 01 Februari 2019 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 337 2012687 tanpa-rompi-tahanan-buni-yani-dieksekusi-ke-lapas-gunung-sindur-ze9uC4JLSy.jpg Buni Yani dieksekusi ke Lapas Gunung Sindur (Foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Setelah menjalankan pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok sekira 30 menit, Buni Yani keluar sekira pukul 20.00 WiB. Dengan kawalan ketat kepolisian dan Kejaksaan, Buni Yani keluar tanpa mengenakan rompi tahanan dan borgol.

Dia langsung dieksekusi Kejaksasaan ke Lapas Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat, menggunakan mobil tahanan Kejari Depok.

"Kita mengikuti proses hukum yang berlaku," ujar Buni Yani di Kejari Depok, Jumat (1/2/2019).

Buni Yani mengatakan, dirinya akan dieksekusi ke Lapas Gunung Sindur untuk menjalani hukuman 18 bulan penjara terkait kasus tuduhan melanggar Pasal 32 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dalam video pidato Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) di Kepulauan Seribu.

"Lapas Gunung Sindur," kata dia.

(Baca Juga: Kejari Depok Akhirnya Jemput Paksa Buni Yani)

Sementara, Kuasa Hukum Buni Yani, Aldwin Rahardian mengatakan kliennya bertindak kooperatif dalam menjalankan hukuman yang telah dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat Selasa 14 November 2018.

"Permohonan penangguhan eksekusi ditolak. Kedua, apa yang disampaikan bang Buni ini kita fair, kita akan memenuhi panggilan. Nah sekarang kita sudah memenuhi panggilan. Bismillah, bang Buni siap melaksanakan putusan itu meskipun sampai hari ini bang Buni tidak mengakui apa yang dituduhkan itu," ujar Aldwin.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Depok akhirnya menjemput paksa Buni Yani setelah mangkir dari surat panggilan nomor B. 282/0.2.34/Euh.3/01/2019, untuk memenuhi panggilan pada pukul 09.00 WIB.

Dalam surat tersebut, Buni Yani diminta untuk menghadap Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Depok Priatmaji D Prawiro. Buni Yani diminta datang untuk memenuhi pelaksanaan eksekusi atas putusan Mahkamah Agung nomor 1712K/PID.SUS/2018 tanggal 22 November 2018.

Pantauan Okezone Buni yani tiba di Kejaksaan Negeri Depok sekira pukul 19.27 WIB, dengan mengenakan baju koko warna putih dia turun dari mobil pajero warna hitam nopol B 1983 SJV Buni Yani tiba bersama pengacara dan keluarga dengan pengawalan anggota Kepolisian dan Kejaksaan.

Sekadar diketahui, Buni Yani dinyatakan bersalah karena telah melanggar Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena telah terbukti mengunggah potongan video Basuki Tjahaja Purnama (BTP), dan divonis 18 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Bandung.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini