MA Tegaskan Jaksa Bisa Eksekusi Buni Yani

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 01 Februari 2019 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 337 2012414 ma-tegaskan-jaksa-bisa-eksekusi-buni-yani-prBcMyjTAD.jpg Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) menegaskan, terdakwa kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Buni Yani, sudah bisa dieksekusi kejaksaan ke penjara. Eksekusi bisa dilakukan kendati tidak ada perintah ditahan dalam putusan kasasinya.

"Inkracth-nya suatu putusan adalah sampai kasasi. Dengan diberitahukan kepada pihak-pihak itu berarti sudah mengandung nilai eksekutorial, artinya sudah bisa dilaksanakan eksekutor. Dalam hal ini jaksa," kata Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro di kantornya, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Diketahui, Buni Yani akan dieksekusi Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Jawa Barat, pada hari ini atas kasus pelanggaran UU ITE karena telah terbukti mengunggah potongan video Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok.

(Baca Juga: Jelang Eksekusi, Buni Yani Dipastikan Tak Akan Datang ke Kejari Depok

Kendati demikian, kuasa hukum Buni Yani, yakni Aldwin Rahadian, memastikan kliennya tidak akan hadir karena sudah mengirimkan surat penangguhan eksekusi ke Kejari Depok.

 Buni Yani

Buni Yani dinyatakan bersalah karena telah melanggar Pasal 32 Ayat (1) Undang-Undang ITE, dan divonis 18 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Bandung. Atas vonis tersebut, Buni Yani mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Barat hingga kasasi ke MA, namun ditolak.

Andi menuturkan, putusan kasasi adalah upaya hukum biasa yang terakhir. Sebab itu, ketika putusan tersebut sudah disampaikan kepada pihak-pihak terkait, maka itu telah mengandung unsur eksekutorial bagi jaksa maupun terdakwa.

"Jadi, ketika disampaikan ke pihak-piham dalam hal ini penuntut umum dan terdakwa sudah mengandung unsur eksekutorial karena tidak ada lagi upaya hukum kecuali upaya luar biasa," katanya.

(Baca Juga: Eksekusi Buni Yani Tunggu Kejari Depok

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini