Jokowi Borong Rempeyek dan Brambang Goreng dari Ibu-Ibu Mekaar

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 01 Februari 2019 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 337 2012404 jokowi-borong-rempeyek-dan-brambang-goreng-dari-ibu-ibu-mekaar-6iMVwiLe9s.jpg Jokowi Beli Rempeyek (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

MAGETAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan kunjungan kerjanya dengan meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Lapangan Cepoko, Magetan, Jawa Timur.

Kepala Negara dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat meninjau stand para ibu-ibu Mekaar di Magetan. Dia juga memborong kerupuk lempeng, rempeyek, dan brambang goreng hasil usaha para ibu-ibu Mekaar tersebut.

 Baca juga: Jokowi Bertolak ke Jatim, Ini Sederet Kegiatannya

Awalnya, dirinya memberi sambutan untuk mengingatkan agar ibu-ibu Mekaar dapat menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah. Sebab, peminjaman ini tidak menggunakan agunan apapun.

 Jokowi beli Rempeyek (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Program Mekaar ini pada awalnya memberikan pinjaman sebesar Rp2 juta kepada nasabahnya. Kemudian, jika usaha ibu-ibu Mekaar terus meningkat dapat meningkatkan pinjaman uang mulai Rp3,5 juta hingga Rp4,5 juta.

 Baca juga: Di Benteng Van den Bosch, Jokowi Beli Kopi Rp8 Ribu dan Beras Rp75 Ribu/Kg

"Kepercayaan itu dijaga. Kalau tidak dipercaya ibu-ibu tidak akan dipinjamkan. Kalau memiliki usaha ya harus kerja keras," kata Jokowi di lokasi, Jumat (1/2/2019).

Kepala Negara mengingatkan agar para ibu-ibu dapat bekerja keras dalam menjalankan usahanya. Tanpa kerja keras, sambung dia, tidak akan menjadikan usaha tersebut maju dan menghasilkan banyak uang.

 Baca juga: Restorasi Benteng Van den Bosch, Jokowi Gandeng Ahli Purbakala

Jokowi mencontohkan, saat dirinya menjalankan usaha mebel di Solo, Jawa Tengah. Kala itu, kata dia, tak jarang dirinya jarang pulang ke rumah karena harus bekerja keras.

"Saya dulu ya awalnya hanya diberi pinjaman Rp10 juta. Kalau kerjanya dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ya normal-normal aja. Sami mawon kayak orang-orang," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini