Abu Bakar Ba'asyir Batal Bebas, Ini Penjelasan Dirjen PAS

Taufik Budi, iNews.id · Jum'at 01 Februari 2019 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 337 2012211 abu-bakar-ba-asyir-batal-bebas-ini-penjelasan-dirjen-pas-oLBX0Hf1aD.jpg Abu Bakar Ba'asyir batal menghirup udara bebas (Foto: Okezone)

SEMARANG – Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir batal bebas dari balik jeruji besi. Pembebasan Ba'asyir batal dilakukan lantaran dirinya menolak menandatangani surat yang berisi janji setia terhadap Pancasila dan NKRI.

"Ada persyaratan-persyaratan selain persyaratan administratif, yakni persyaratan substantif. Sampai dengan hari ini kita sedang berusaha mekanisme apa yang bisa dijalankan di pembebasan bersyarat," ucap Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Sri Puguh Budi Utami, Kamis (31/1/2019).

"Dan undang-undang hanya memberikan ruang bagi pembebasan bersyarat dan mungkin yang lain, tapi sampai hari ini dari kami menunggu proses itu,” tutur Sri usai memberi pengarahan kepada petugas keamanan Lapas pada Kemenkumham Jateng di Semarang.

Dwi menegaskan bahwa lembaga pemasyarakatan (lapas) bukan sekadar sebagai tempat untuk orang menjalani hukuman.

Abu Bakar Ba'asyir

"Jadi sejak awal beliau (Abu Bakar Ba’asyir) menyampaikan bahwa tidak akan tanda tangan itu kan (janji setia pada Pancasila dan NKRI)," ujarnya.

"Tapi sebenarnya bila merunut dari dasar kami, bahwa sistem pemasyarakatan itu bekerja berdasarkan berlandaskan Pancasila. Sebenarnya di sana muaranya. Siapapun ketika tidak satu (mengakui) dengan itu ya tidak,” kata Sri.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini