nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saksi Bantah Rekaman Suara JPU soal Hubungan Lucas dan Eddy Sindoro

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 16:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 31 337 2011991 saksi-bantah-rekaman-suara-jpu-soal-hubungan-lucas-dan-eddy-sindoro-Q6hiklJCSK.jpg Jaman, Saksi untuk Kasus Eddy Sindoro (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Mantan sopir freelancer terdakwa Lucas, Jaman membantah isi rekaman sadapan percakapan suara yang ditampilkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses persidangan.

Hal tersebut disampaikan Jaman saat dihadirkan sebagai saksi dalam kasus dugaan merintangi penyidikan dengan terdakwa Lucas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (31/1/2019).

"Tidak (tahu‎ itu suara siapa)," kata Jaman kepada Jaksa KPK diruang sidang Pengadilan Tipikor.

 Baca juga: Novel Baswedan Punya Rekaman Percakapan Lucas dan Eddy Sindoro

Jaksa Penuntut KPK, sempat menampilkan rekaman hasil sadapan berupa percakapan melalui handphone. Pasalnya, Jaksa menyatakan, hal itu untuk membuktikan adanya kaitan antara Lucas dan Eddy Sindoro.

Dalam‎ persidangan, Jaksa lalu membuka hasil rekaman sadapan yang diduga sebagai Jaman. Pada rekaman tersebut, ia sedang berkomunikasi dengan temannya mengenai kegiatannya membantu bos mengurus perkara-perkara Eddy Sindoro, namun dibantahnya.

 Baca juga: Istri Eks Sekretaris MA Akui Diperiksa Kejagung soal Uang Miliaran Rupiah

Tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali diputar rekaman lainnya, Jaman tetap membantah bahwa suara yang ada dalam rekaman tersebut‎ adalah suaranya.

Jaksa sempat mengancam akan menindaklanjuti bila Jaman berbohong. Padahal Jaman pernah diperiksa penyidik, namun dirinya tetap keukeuh membantah itu suaranya.

Bahkan, Jaman mengaku tak mengenal Eddy Sindoro dan James Riady. Dia juga berdalih tak mengerti maksud dalam rekaman percakapan tersebut.

 Baca juga: Lucas Kecewa KPK Tak Hormati Keputusan Hakim Terkait Izin Berobat

"‎Saya tak pernah kenal Pak James, Pak Eddy Sindoro," ujar Jaman.

Lucas sedianya didakwa bersama-sama dengan Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Lucas diduga menyarankan Eddy Sindoro selaku tersangka untuk tidak kembali ke Indonesia.

Jaksa KPK juga mendakwa Lucas membantu Eddy Sindoro masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari tindakan hukum KPK terhadap Eddy Sindoro.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini