"Tangan Kanan" Bupati Labuhanbatu Akan Diseret ke Meja Hijau

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 31 Januari 2019 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 31 337 2011925 tangan-kanan-bupati-labuhanbatu-akan-diseret-ke-meja-hijau-C9RaZnp8G0.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan berkas penyidikan tersangka Tamrin Ritonga dalam kasus dugaan suap ‎terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Dalam hal ini, Tamrin Ritonga diketahui merupakan orang kepercayaan dari Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap. Dia ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga ikut menikmati hadiah atau janji dari tersangka Effendy Syahpitra alias Asiong.

"Hari ini, Kamis 31 Januari 2019, Penyidikan untuk tersangka TR (Tamrin Ritonga) telah selesai," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dengan dilimpahkannya berkara perkara itu, Jaksa Penuntut KPK memiliki waktu 14 hari untuk menyusun dakwaan dari Effendy. Sidang sendiri rencananya digelar di Pengadilan Tipikor Medan.

"Kemudian Penyidik menyerahkan tersangka dan berkas pada Penuntut umum (kegiatan tahap II)," tutur Febri.

sdd

 (Baca juga: Diadili Kasus Suap, Bupati Nonaktif Labuhanbatu Menangis di Persidangan)

Disisi lain, Febri mengungkapkan, pihaknya masih terus memburu buronan pada kasus ini, yakni Umar Ritonga. Pasalnya, lembaga antirasuah masih belum menemukan keberadaan dari Umar sampai saat ini.

"Dalam penanganan kasus ini, KPK juga tetap melakukan pencarian DPO atas nama Umar Ritonga. Jika masyarakat memiliki Informasi keberadaannya, kami harap dapat segera menghubung KPK di Call Center 198 atau kantor kepolisian setempat," papar Febri.

Tamrin Ritonga diduga bersama-sama dengan bosnya, Pangonal Harahap menerima suap dari Bos PT Binivan Konstruksi Abadi (PT BKA), Effendy Sahputra agar perusahaannya itu mendapat proyek di Pemkab Labuhanbatu.

 (Baca juga : Berkas Dilimpahkan ke PN Medan, Bupati Labuhanbatu Akan Disidang Pekan Depan)

Selain itu, Tamrin juga diduga berperan sebagai pihak yang dipercaya Pangonal untuk mengakomoodir pembagian sejumlah proyek di Pemkab Labuhanbatu untuk tim sukses Pangonal Harahap.

 ssd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini