nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh! Lumba-Lumba Muncul di Sungai Kualuh

Witri Nasuha, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 31 337 2011800 heboh-lumba-lumba-muncul-di-sungai-kualuh-CXdob1K8yM.JPG Ikan Diduga Lumba-Lumba Muncul di Sungai Kualuh, Sumut (foto: Instagram/@ikanviral)

JAKARTA – Beberapa hari yang lalu warga Dusun Ramean, Desa Kuala Beringin, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara dihebohkan dengan kemunculan dua ekor ikan yang diduga lumba-lumba air tawar atau pesut di Sungai Kualuh pada Minggu, 27 Januari 2019.

Kemunculan spesies dengan nama latin Orcaella brevirostris ini sempat menggegerkan warga setempat. Karena sebelumnya, mereka tidak pernah melihat mamalia langka seperti ini.

(Baca Juga: Viral Siswa SMK di Ngawi Main Kuda-kudaan saat Guru Mengajar) 

Penampakan spesies langka ini, juga mengejutkan warganet yang melihatnya melalui unggahan video pada akun Instagram milik @ikanviral. Dalam video tersebut, terlihat lumba-lumba air tawar berwarna putih itu meliuk-liuk berenang menyusuri hulu Sungai Kualuh.

Warga setempat pun berantusias mendatangi Sungai Kualauh. Mereka tidak menangkap mamalia tersebut, melainkan menjadikannya sebagai tontonan dan mengabadikannya melalui kamera ponsel.

Lihat postingan ini di Instagram

Ikan yang diduga Lumba lumba air tawar/Pesut sudah muncul di sungai kualuh Dusun Ramean desa Kuala Beringin, kec.Kualuh Hulu, kab.Labuhanbatu Utara, sumut. - Siang menuju Minggu sore (27/01/19) dua ekor ikan diduga Lumba lumba air tawar/pesut sudah muncul di dusun II Ramean desa Kuala Beringin, hewan langka ini menjadi tontonan warga sekitar. - Menurut kabar dilapangan, dua ekor ikan besar ini terlihat seperti stress. - Warga sekitar yang tak pernah melihat kejadian ini langsung antusias dan mengabadikan dengan kamera ponselnya, namun tidak ada yang menangkapnya, warga hanya menonton ikan meliuk liuk berenang di hulu sungai kualuh ini. - #ikanviral #sumatera #SumateraUtara #ikan

Sebuah kiriman dibagikan oleh 🐠 HOBBY |¦ ANIMALS |¦ NATURE 💠 (@ikanviral) pada

 

Hingga berita ini dibuat, unggahan ini telah ditonton sebanyak 28.740 kali penayangan. Warganet pun merasa terpukau akan kemunculan spesies langka tersebut. Bahkan diantara mereka memberikan komentar agar lumba-lumba tersebut tidak ditangkap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Cantik ya pesutnya,” tulis komentar akun milik @refanrahman.

(Baca Juga: Tukang Parkir di SMAN 4 Tangsel Viral, Susun Motor Sesuai Merek dan Warna) 

“Semoga selamat dan sehat selalu itu lumba-lumba… Jangan sampe ketemu manusia rakus dan jahat Ya Allah yang tega makan daging lumba-lumba,” tambah @bennomusang.

“Jangan ditangkep jangan dibunuh yaa,” saut akun @dimasboyfirmansyah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini