Ahmad Dhani Tidak Mendapat Perlakuan Spesial di LP Cipinang

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 29 Januari 2019 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 29 337 2010765 ahmad-dhani-tidak-mendapat-perlakuan-spesial-di-lp-cipinang-pLHF1hz60i.jpg Ahmad Dhani ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur. (Foto: Twitter @Dahnilanzar)

JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani divonisi 1,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus ujaran kebencian. Ahmad Dhani pun langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, untuk menjalani masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas 1 Cipinang, Oga G Darmawan, mengatakan tidak ada perlakuan spesial kepada Ahmad Dhani. Pentolan Band Dewa 19 itu ditahan dalam satu sel bersama tahanan lain.

Hal ini dikarenakan pihaknya tidak bisa memberikan sel khusus kepada Ahmad Dhani. Diketahui, daya tampung Rutan Cipinang telah melebihi kapasitas.

"Ya kalau misalkan enggak sama terpidana yang lain, masak sendiri. Kita kapasitas 1.000 diisi 4.300 (orang), jadi mau dispesialkan bagaimana?" ujar Oga saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/1/2019).

(Baca juga: Ini Foto Ahmad Dhani Bersama Penghuni Rutan Cipinang Pascavonis 1,5 Tahun)

Oga mengatakan, politikus Partai Gerindra itu sedang menjalani masa admisi orientasi atau pengenalan lingkungan rutan. Orientasi tersebut bakal dilakukan selama tiga sampai tujuh hari.

"Dia mengikuti admisi orientasi dulu, tiga hari sampai seminggu. Namanya mapenaling atau masa pengenalan lingkungan," tutur Oga.

Ia mengatakan, proses orientasi tersebut untuk menilai sel mana yang tepat bagi Ahmad Dhani. "Nanti setelah itu kan kita enggak tahu nih, apa ada pihak musuh, pihak lawan, teman, kita kan harus teliti dulu kan. Apalagi seorang artis kan kita enggak bisa ini, apalagi public figure," ujar Oga.

"Kalau sementara ini kita taruh dulu di admisi orientasi. Kita tutup pengawasannya 24 jam. Kita lihat dulu di situ tiga hari. Paling besok lah, besok sudah ditempatkan yang berjumlah sedikit," tutur Oga.

(Baca juga: Gerindra Pertanyakan Keadilan dalam Vonis 1,5 Tahun Ahmad Dhani)

Sebagaimana diberitakan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya membacakan vonis hukuman untuk Ahmad Dhani terkait kasus ujaran kebencian yang dilakukannya beberapa waktu lalu. Dhani divonis hukuman penjara satu tahun enam bulan.

"Menjatuhkan pidana Dhani Ahmad Prasteyo alias Ahmad Dhani dengan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan. Memerintahkan terdakwa ditahan, menerapkan barang bukti untuk dimusnahkan," kata hakim sebelum mengetok palu.

(han)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini