nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI Rotasi 104 Pati, Danjen Kopassus dan Pangdam Jaya Diganti

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 08:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 26 337 2009667 panglima-rotasi-104-pati-tni-danjen-kopassus-dan-pangdam-jaya-diganti-nS2RNLsdGP.JPG Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. Puspen TNI)

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merotasi lebih dari 100 perwira tinggi (Pati). Rotasi ini dilakukan bertujuan memenuhi kebutuhan organisasi serta pembinaan karier demi mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang kian kompleks dan dinamis. 

Rotasi perwira tinggi itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019, tanggal 25 Januari 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, di mana telah ditetapkan mutasi jabatan terhadap 104 Pati TNI yang terdiri atas 46 Pati jajaran TNI Angkatan Darat (AD), 30 Pati jajaran TNI Angkatan Laut (AL) dan 28 Pati jajaran TNI Angkatan Udara (AU).

"Termasuk dalam promosi dan mutasi jabatan ini Pangdam Jaya dan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus,” ujar Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019 malam.

Disebutkan bahwa Pangdam Jaya, Mayjen TNI Joni Supriyanto akan menduduki jabatan baru sebagai Kasum TNI. Joni menggantikan Laksdya TNI Didit Herdiawan yang dipercaya menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Panglima TNI

Jabatan Pangdam Jaya kini ditempati oleh Mayjen TNI Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Eko bakal diisi oleh Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, yang sebelumnya mengabdi sebagai Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Polkamnas Panglima TNI.

Sebelumnya, pada 21 Desember 2018 lalu, Panglima TNI juga memutasi sebanyak 68 perwira tinggi (pati) untuk tiga matra yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Yang mengejutkan ialah salah satu pati yang dimutasi yaitu Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsdya M Syaugi.

Tak hanya Kabasarnas, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Santos Gunawan Matondang juga terkena mutasi. Santos dimutasi menjadi Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI. Sedangkan Syaugi dimutasi dalam rangka memasuki masa pensiun.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini