Jokowi Sebut Pemerintah Kebut Pemasangan Listrik Gratis untuk Warga Tak Mampu

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 25 Januari 2019 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 25 337 2009580 jokowi-sebut-pemerintah-kebut-pemasangan-listrik-gratis-untuk-warga-tak-mampu-ZsKL1DW734.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

BEKASI - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sejumlah BUMN, melakukan sinergi dengan menyambungkan listrik gratis untuk 11.000 rumah tangga di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dengan didampingi Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, pemasangan listrik gratis ini secara simbolis dilakukan oleh Presiden Jokowi di Kelurahan Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat Jum'at (25/1/2019).

Kepada warga, Jokowi menekankan bahwa pentingnya listrik sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah akan mengebut pemasangan listrik gratis untuk rumah tangga tidak mampu.

"Saat ini konsentrasi memang di Jawa Barat, karena masih banyak masyarakat disini yang belum menikmati listrik," kata Jokowi.

sd

(Baca juga: Urus Sertifikat Tanah Dibilang Bayar, Jokowi: Enggak Benar Itu, Lapor Saber Pungli!)

Sebagai pihak yang bertanggung jawab, Rini Soemarno mengatakan bahwa, bantuan listrik gratis di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi ini adalah wujud nyata kepeduluian BUMN sebagai agen pembangunan.

Untuk fase pertama, 6 BUMN seperti PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan Perumnas, bersinergi dengan PT PLN memberikan bantuan pemasangan listrik gratis untuk 37 rumah tangga di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

(Baca juga: Jokowi Tinjau Program Listrik Gratis untuk Warga Tak Mampu di Bekasi)

Untuk sisanya, Menteri Rini menegaskan sebanyak 10.683 akan selesai secara bertahap pada bulan Maret 2019 mendatang. Berdasarkan data PT PLN, terdapat sekitar 10.472 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Bekasi dan 796 rumah tangga di Kota Bekasi yang masih mendapatkan listrik secara "lavering".

"Terima kasih kepada BUMN yang telah bersinergi dengan memberikan bantuan listrik gratis kepada masyarakat disini. Saya akan memastikan, masyarakat yang tadinya menikmati listrik dengan cara lavering (mengambil dari tetangga), kini sudah bisa menikmati dari PLN" ujar Rini.

sad

Menurut Dirut PT PLN, Sofyan Basyir, program sinergi BUMN ini akan membantu warga yang tidak mampu untuk membayar biaya pasang baru listriknya.

"Lewat Listrik PLN, mereka dapat melakukan penghematan untuk pengeluaran perbulannya. Sekarang mereka hanya membayar sekitar Rp 30 ribu per bulannya untuk listrik PLN," ungkap Sofyan.

Sebelum Bekasi, kota-kota seperti Kota Bogor, Kab. Bogor, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, Kab. Cianjur, dan Kab. Sukabumi, telah terlebih dahulu menikmati sinergi bersama BUMN dengan total pemasangan listrik gratis sebanyak 100.970 untuk rumah tangga tidak mampu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini