nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK: Banyak Pejabat Jual Murah Sumber Daya Alam, yang Ditangkap Baru Sedikit

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 25 Januari 2019 21:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 25 337 2009572 kpk-banyak-pejabat-jual-murah-sumber-daya-alam-yang-ditangkap-baru-sedikit-BSh4kM3Gph.jpg Gedung KPK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarief menyoroti maraknya korupsi di sektor Sumber Daya Alam (SDA). Menurut Laode, banyak pejabat di Indonesia yang sengaja menjual murah SDA.

Para pejabat menjual murah sumber daya alam untuk kepentingan pribadinya. Sayangnya, kata Syarief, baru sedikit pejabat nakal tersebut yang ditangkap dan terbukti melakukan korupsi.

"Banyak sekali sumber daya alam di Indonesia dijual murah oleh pejabat. Dan ingat, yang ditangkap itu hanya sebagian kecil dan sebagian besar belum tertangkap,‎" kata Syarief di Gedung KPK lama, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga: KPK Lancarkan 29 Kali OTT Sepanjang 2018, Ini Rinciannya

KPK

Syarief mencontohkan pejabat yang sudah diproses KPK karena melakukan tindak pidana korupsi berkaitan dengan SDA. Beberapa pejabat negara tersebut yakni, Amin Nasution dan Tengku Azman Jafar.

"Jadi agak susah bagi kita untuk menjaga lingkungan Indonesia kalau orang-orang yang seharusnya merawat itu, tapi tidak amanah," tekannya.

Sejauh ini, kata Syarief, pihaknya baru dapat memproses sekira 20 penyelenggara negara ataupun pejabat daerah yang melakukan korupsi di sektor SDA. Dari korupsi tersebut, sambungnya, KPK menemukan kasus yang merugikan negara hingga Rp1,2 triliun.

"Lebih dari 20 pejabat diproses KPK terkait sektor kehutanan, ada beberapa kasus yang kerugian negaranya mencapai Rp1,2 triliun," terangnya.

KPK

Baca Juga: Sebelum Datangi Pimpinan KPK, Kabakamla Temui Menteri dan Panglima TNI

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini