nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Songsong Peradaban Baru Islam Generasi Muda, DMI Akan Gelar Silatnas

Rachmat Fazhry, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 16:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 24 337 2008931 songsong-peradaban-baru-islam-generasi-muda-dmi-akan-gelar-silatnas-u6FhqkLYXa.jpeg Ketua Harian DMI Syafruddin (Foto: Ist)

JAKARTA - Sejumlah organisasi pemuda remaja masjid yang berada dalam koordinasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) berencana menggelar Silaturahim Nasional Pemuda Remaja Masjid Indonesia (Silatnas) pada 25 - 26 Januari 2019 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Demikian disampaikan Nanang Mubarok sebagai ketua panitia acara dalam siaran persnya yang diterima Okezone, Kamis (24/1/2019).

"Acara ini diselenggarakan untuk menolak stigma mengenai hal-hal negatif terhadap anak muda," ujarnya.

(Baca Juga: Syafruddin Minta Remaja Berinovasi untuk Makmurkan Masjid)

Menurut pengurus BKPRMI itu, selama ini, pemuda dan remaja kerap dianggap sebagai sumber masalah, biang kenakalan dan objek bagi pihak tertentu untuk dicekoki narkoba, miras, atau virus pemikiran sesat lainnya. Padahal, pemuda dan remaja bisa berkolaborasi untuk hal positif.

“Hari ini, masih ada pemuda remaja Indonesia yang memiliki hati nurani, kesadaran dan semangat kolaborasi untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia, menjaga nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," katanya.

Ilustrasi remaja dan pemuda

Mereka adalah pemuda dan remaja yang biasanya aktif di masjid. Sehingga, lanjut Nanang, di acara Silatnas Pemuda Remaja Masjid akan diserukan GEMAR MASJID (Gerakan Makmurkan Masjid) kepada semua pemuda dan remaja masjid dimanapun berada.

(Baca Juga: Khataman Alquran, Salah Satu Kegiatan Mengsisi Peringatan Maulid Nabi)

Rencananya, Silatnas akan dihadiri ribuan remaja dan pemuda Islam sebagai perwakilan masjid dari seluruh Indonesia. Sebagai panitia pelaksana acara ini adalah BKPRMI, Prima DMI, dan ISYEF.

Acara ini juga didukung penuh Menpan RB H. Syafruddin sebagai Ketua Harian DMI. Ia menilai, kepemimpinan Indonesia di usia yang ke-100 pada tahun 2045 nantinya berada di tangan anak muda. 

"Kita tidak bisa menghindari perubahan baik dari aspek global, aspek regional, maupun aspek nasional dalam perjalanan dan kemajuan peradaban Islam. pemuda dan remaja Masjid adalah tulang punggung kemajuan Islam dan Indonesia," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini