Share

Viral Ari Lasso Salam Dua Jari hingga Disebar Fadli Zon, Ini Faktanya!

Ade Putra, Okezone · Kamis 24 Januari 2019 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 24 337 2008766 viral-ari-lasso-salam-dua-jari-hingga-disebar-fadli-zon-ini-faktanya-JbZJF0Gj8h.jpg Ari Lasso berpose yang dianggap salam dua jari Prabowo-Sandi jadi viral (Foto: Ist)

SEBUAH foto Ari Lasso dengan pose menunjukkan atau mengacungkan dua jari beredar di media sosial. Foto yang diambil seperti si dalam studio musik itu kemudian dikaitkan dengan salam dua jari pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Sandi oleh netijen.

Foto itu berawal dari unggahan instagram Ahmad Dhani di akun @ahmaddhaniofficial. Foto tersebut kemudian dikutip diantaranya oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dalam twitter-nya.

Benarkah Ari Lasso acungkan dua jari sebagai bentuk dukungan ke Prabowo-Sandi? Berikut faktanya:

Ari Lasso melalui akun instagram-nya menolak bahwa foto dengan pose menunjukkan dua jari tersebut sebagai dukungan terhadap paslon Prabowo-Sandi. Berikut ini petikannya:

"Yang Viral belum tentu Final, rada serius dikit ya. Dari kemaren hingga saat ini liburan saya rada keganggu oleh bgitu banyak WA membahas postingan panas. Ada yg kecewa, marah, patah hati, senang, bangga dll.

 

Semua ini berawal dari foto bersama Dewa, saat kita smua bcanda ttg tanda jari, celakanya (seperti biasa) @ahmaddhaniofficial mempostingnya.

 

Viral !! Disebarkan bahkan oleh ‘akun2 penting’ tanpa konfirmasi... Ck ck ck.. Masuk Kategori #hoax kah? I dont know." tulis Ari Lasso panjang lebar.

 

Penjelasan saya adalah: tentu saya punya pilihan. SIAPA ?? Biar itu menjadi rahasia saya. Karena yg terpenting bagi saya adalah ‘menjadi warga negara yang BAIK’.

 

Mencintai negeri ini dgn menyebarkan cinta, menebarkan kebaikan, terus berkarya dan menginspirasi temen2 utk jadi manusia yg lebih baik.

 

Perihal Ahmad Dhani?? Marah kah saya, nggak juga. Namanya juga Dhani, istilah Suroboyo ne: ‘GUYON E KENEMENEN’ jarno ae !! (bercandanya berlebihan, biarkan saja)".

 

Dalam postingan penjelasan Ari Lasso di akun instagram-nya itu turut dilengkapi tagar #yangViralBelumTentuFinal #arilasso #takharussama #tetapBersatu.

Debunk mengenai informasi ini dilakukan oleh akun FB atas nama Ahmad Indra, Selasa (22/1/2019). Hasil debunk yang diposting di grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH) itu, menyimpulkan bahwa kategori postingan foto Ari Lasso yang dikaitkan dengan salam dua jari paslon Prabowo-Sandi adalah False Content.

Yang artinya menggunakan foto untuk ditujukan untuk konteks lain. "Hoax meraja lela. Menanti orang-orang yang lengah. Untuk disebarluaskan. Padahal, kebenaran dan kesalahan bisa hinggap di pihak mana pun," ujar Ahmad Indra saat berbincang dengan Okezone.

Indra juga memberikan referensi mengenai fakta sebenarnya. Yakni akun instagram Ari Lasso.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini