Kliennya Batal Bebas, Pengacara Abu Bakar Ba'asyir Bingung

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 23 Januari 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 337 2008242 kliennya-batal-bebas-pengacara-abu-bakar-ba-asyir-bingung-WcrwTB8XKZ.JPG Pengacara Abu Bakar Ba'asyir, M Mahendradatta mendatangi Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor (Foto: Putra Ramadhani/Okezone)

BOGOR - Anak beserta kuasa hukum narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'syir mendatangi Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hari ini. Kedatangan mereka untuk membesuk mantan amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu.

Pantauan Okezone di lokasi, anak Abu Bakar Ba'asyir yaitu Abdul Rohim bersama kuasa hukumnya yakni Ketua Pembina Tim Pengacara Muslim (TPM), Mahendradatta tiba di Lapas Gunung Sindur sekira pukul 11.15 WIB. Tanpa banyak bicara kepada media, mereka langsung masuk ke dalam area lapas. Tak banyak yang dikatakan Mahendra menanggapi batalnya Abu Bakar Ba'asyir menghirup udara bebas.

"Saya belum nentukan sikap, tunggu perkembangan saja. Saya bingung mau nanggapi apa, dari pada nanti berubah lagi. Tapi bagaimana caranya, (Abu Bakar Ba'asyir) harus tetap bebas," singkat Mahendradatta, kepada wartawan di lokasi, Rabu (23/1/2019).

Hingga saat ini, mereka masih berada di dalam lapas. Sementara, penjagaan di lapas diperketat. Puluhan awak media baik dalam dan luar negeri tidak dapat masuk dan hanya bisa menunggu di depan gerbang.

Lapas Gunung Sindur

Seperti diketahui, kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra mendatangi Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor untuk menyampaikan persetujuan Jokowi terkait pembebasan narapidana terorisme Abu Bakar Ba'syir pada Jumat 18 Januari 2019 lalu.

Pembebasan itu dikatakan Yusril karena pertimbangan faktor kemanusiaan dan kesehatan. Namun, setelah pernyataan tersebut, belum ada kejelasan kapan mantan pimpinan Jamaah Ashorut Tauhid (JAT) itu bebas dari Lapas Gunung Sindur. Adapun kendala untuk membebaskan Ba'syir yakni belum dapat memenuhi persyaratan penting yaitu kesetiaan kepada Pancasila dan NKRI.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini