nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ultah, Megawati Gelorakan Kebudayaan Nusantara hingga Membangun Pemuda-Pemudi

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 09:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 23 337 2008157 ultah-megawati-gelorakan-kebudayaan-nusantara-hingga-membangun-pemuda-pemudi-JnXTBbxVpB.jpg Megawati (Okezone)

JAKARTA – Tepat tanggal 23 Januari, merupakan hari lahir Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Wanita kelahiran Yogyakarta ini, menggelar acara unik untuk merayakan ulang tahunnya tersebut.

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto pun turut mengucapkan, selamat ulang tahun untuk Megawati Soekarnoputri. “Kesabaran revolusioner, keyakinan kebenaran dalam politik, politik turun ke bawah dan pembumian nilai kemanusiaan dalam politik telah hadir menyatu dalam seluruh tradisi kebudayaan bangsa,” ujar Hasto dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

 Baca juga: Peristiwa 23 Januari, Kudeta APRA di Bandung hingga Lahirnya Megawati Soekarnoputri

Hasto juga membeberkan, dalam rangka ulang tahun ke72/27, Megawati melibatkan Swara Gembira. Di mana, wadah tersebut merupakan perpaduan lebih dari 200 milenial Indonesia yang tiada henti menghadirkan cita-rasa kebudayaan Indonesia dalam balutan kegembiraan anak muda.

 Megawati

“Apresiasi Ibu Megawati Soekarnoputri diberikan kepada kaum muda Indonesia, khususnya mereka yang berusia 17-27 tahun, atau lebih. Mereka generasi kreatif, mandiri, dan berjuang pada jalan identitas diri. Boleh jadi mereka penggemar rap, hiphop, bahkan dance sekalipun. Namun semua dikemas dalam tradisi kain nusantara dan aneka lagu, gerak dan tari bernuansa kebudayaan Indonesia. Acara menjadi begitu unik dan hadir sebagai buah akulturasi budaya dengan tetap kokoh pada jati diri bangsa,” ujarnya.

 Baca juga: Megawati: Jangan Bertengkar karena Kursi!

Dirinya mengatakan, pada awalnya Megawati berharap agar ulang tahunnya diselenggarakan dengan cara biasa. Sementara itu, sambil menikmati makan malam nusantara.

“Namun pertemuan dengan kaum muda pada saat acara Megawati Bercerita mengubah semuanya. Semangat Bangun Pemudi Pemuda Indonesia menjadi inspirasi bagaimana gebyar kebudayaan ditampilkan. Kesemuanya dipelopori oleh para pemuda Indonesia, antara lain Oi, Rifan dan Dhia. Mereka membangun seluruh idealismenya terhadap seni dan tradisi kebudayaan Indonesia yang ternyata mampu berkolaborasi sempurna dengan seni modern manca negara,” ujarnya.

Baca juga: Megawati Keluarkan 5 Instruksi kepada Seluruh Kader PDIP

Menurut Hasto, semangat bersama pemuda Indonesia itulah yang menjadi energi, dan motif yang begitu genuine untuk memberikan ruang kreasi yang begitu besar pada Oi guna menampilkan seluruh karya musikalnya.

“72/27 adalah simbolisasi dan perpaduan kematangan hidup dan penggemblengan anak muda Indonesia dalam usia yang sangat produktif, 27 tahun,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini