Ucapan Abu Bakar Ba'asyir Masih Didengar dan Dijalankan Pengikutnya

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 23 Januari 2019 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 337 2008074 ucapan-abu-bakar-ba-asyir-masih-didengar-dan-dijalankan-pengikutnya-suDmO7xDWR.jpg Abu Bakar Ba'asyir (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membebaskan Abu Bakar Ba'asyir mengundang banyak pro dan kontra. Banyak yang berpandangan bahwa kebebasan pendiri dari Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki Sukoharjo itu akan membahayakan.

Wakil Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI), Benny J Mamoto menilai, Abu Bakar Baasyir merupakan seorang figur atau panutan bagi pengikutnya.

Karena itu, usia dan kesehatan bukan menjadi penyebab Ba'asyir akan membahayakan atau tidak. Apa yang akan diucapkan, menjadi hal yang bisa membuat keadaan semakin bahaya atau sebaliknya lantaran apa yang dikatakan Ba'asyir akan dijalankan pengikutnya.

“Beliau adalah figur. Figur yang menjadi panutan, figur yang teladan, dan figur yang didengar oleh pengikutnya,” uajr Benny J Mamoto saat ditemui di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

(Baca Juga: Kaji Pembebasan Ba'asyir, Menkumham: Tidak Mudah Ini Barang)

“Tentunya faktor usia dan kondisi tidak banyak berpengaruh, karena yang berpengaruh apa yang diucapkan,” imbuhnya.

Menurut Benny Mamoto, aparat yang berwenang harus melakukan pertimbangan-pertimbangan terkait pembebasan Ba'asyir. Baginya, jika pembebasan berlandaskan kemanusiaan, maka memiliki surat rekomendasi dari rumah sakit atau dokter menjadi hal yang penting.

“Apa yang terjadi tentu akan menjadi pertimbangan-pertimbangan, tapi yang jelas dengan adnya revisi UU Terorisme ini aparat bisa melangkah lebih jauh lagi,” kata dia.

“Kalau saya berpendapat dalam konteks kemanusiaan maka dokter memeriksa rekomendasinya apa. Rekomendasinya mengatakan ini akan lebih baik kalau di rumah sakit, karena bisa pemeriksaanya komprehensif dimonitor setiap saat,” sambungnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini