Alasan Kemanusiaan, Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Dinilai Harus Ada Rekomendasi Dokter

Sarah Hutagaol, Okezone · Selasa 22 Januari 2019 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 22 337 2007966 alasan-kemanusiaan-pembebasan-abu-bakar-ba-asyir-dinilai-harus-ada-rekomendasi-dokter-ucwzkFLY15.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Wakil Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI), Benny J Mamoto turut memberikan tanggapan mengenai rencana Presiden Joko Widodo untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir.

Menurutnya, pembebasan Abu Bakar Baasyir dengan mempertimbangan dari sisi kemanusiaan yang mencakup aspek kesehatan dan usia dinilai oleh Benny J Mamoto harus memiliki rekomendasi dari dokter mengenai faktor-faktor tersebut.

“Jadi karena pertimbangannya kemanusiaan, kalau menurut pendapat saya langkah yang perlu dilakukan sekarang adalah meminta rekomendasi dokter,” ujar Benny J Mamoto saat ditemui di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

 ss

“Dokter memeriksa kesehatannya, kondisinya, apabila akan lebih baik dirawat, itu segera dikirim ke rumah sakit untuk dirawat karena faktor usia, fisik dan sebagainya. Jadi harus ada dasarnya, minimal surat rekomendasi dari dokter, sambil menunggu proses yang berjalan,” paparnya.

Selain masalah surat rekomendasi dari dokter, mantan Deputi Pemberantasan Narkotika BNN ini pun melanjutkan kalau proses hukum pembebasan Abu Bakar Baasyir harus dikaji secara matang agar tidak terjadi polemik yang berkepanjangan.

“Proses yang berjalan kan mengkaji dari aspek hukum, peraturan ketentuan yang berlaku. Kenapa? Karena ketika diambil keputusan ini, ini akan menjadi rujukan bisa kasus lain. Nah tentunya ini harus matang betul supaya nanti, janganlah ini menjadi polemik yang berkepanjangan,” ungkap Benny J Mamoto.

ss

Benny J Mamoto kejelasan dari pihak dokter mengenai kondisi Abu Bakar Baasyir dan pengkajian secara hukum lebih penting daripada fokus membahas soal ketidakinginan pria 80 tahun itu untuk setia kepada Pancasila dan NKRI.

“Tidak masalah itu dulu, masalah karena petimbangannya kemanusiaan, maka sesegera mungkin, kalau tadinya berobat jalan, kalau dokter merekomendasi lebih bagus dia dirawat di rumah sakit, supaya anytime dikontrol, kemudian lingkungannya lebih bagus, warga bisa besuk dengan bebas, itu akan menolong secara psikologis itu lebih bagus,” tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini