Pembebasan Ba'asyir, Mahfud MD Paparkan Syarat dan Keadaan Bebas Bersyarat

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Selasa 22 Januari 2019 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 22 337 2007920 pembebasan-ba-asyir-mahfud-md-paparkan-syarat-dan-keadaan-bebas-bersyarat-8AUS2LaktM.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD buka suara perihal pembebasan Abu Bakar Ba'asyir. Menurutnya, Ba'asyir tak mungkin bebas murni seperti yang diberitakan beberapa media.

"Tak mungkin Abu Bakar Baasyir (ABB) dikeluarkan dengan bebas murni, sebab bebas murni hanya dalam bentuk putusan hakim bahwa yang bersangkutan tak bersalah. Yang mungkin, sesuai dengan hukum yang berlaku, ABB hanya bisa diberi bebas bersyarat. Artinya dibebaskan dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi," papar Mahfud dalam akun Twitter-nya, Selasa (22/1/2019).

Mahfud pun menambahkan bahwa yang memungkinkan kebebasan Abu Bakar Ba'asyir hanyalah bebas bersyarat. Meski pun presiden memiliki hak prerogatif untuk membebaskan Ba'asyir dengan cara grasi.

"ABB tak pernah minta grasi karena tak mau mengaku bersalah sehingga Presiden tak bisa memberi grasi. Dia juga tidak bebas murni karena nyatanya sudah diputus bersalah oleh pengadilan. Jadi yang mungkin bagi ABB hanya bebas bersyarat," imbuh Mahfud.

Perihal Ba'asyir yang tak mau menandatangani kesepakatan untuk setia pada Pancasila dan NKRI, Mahfud MD pun menjelaskan bahwa ada syarat-syarat lainnya yang memungkinkan presiden memberikan kebebasan bersyarat bagi seseorang.

"Selain syarat-syarat administratif lainnya, bebas bersyarat harus dimulai dengan terpenuhinya keadaan: 1) Menurut hukum positif harus sudah menjalani 2/3 dari masa hukumannya atau; 2) Menurut konvensi internasional yang bersangkutan harus sudah berusia 70 tahun," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini