Share

Menko Maritim Apresiasi Penyelam yang Temukan CVR Lion Air JT 610

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 21 Januari 2019 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 21 337 2007348 menko-maritim-apresiasi-penyelam-yang-temukan-cvr-lion-air-jt-610-Rhmz7dLcez.jpg Menko Maritim Luhut saat jumpa pers dikantornya (foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi para penyelam TNI AL, yang berhasil menemukan black box berisi cockpit voice recorder (CVR), pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Luhut menyampaikan, tim gabungan itu memodifikasi cara-cara yang telah dilakukan tim yang disewa dari Singapura untuk menemukan black box CVR tersebut.

"Mereka memodifikasi cara-cara yang tadinya konvensional yang dilakukan oleh tim yang disewa dari Singapura, yang cukup mahal disewanya, kalau enggak keliru hampir 3,5 juta dollar selama 10 hari, dan tidak berhasil," ujar Luhut di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Meskipun tim yang disewa dari Singapura tidak berhasil menemukan CVR itu, Luhut menyebut tim itu tetap berkontribusi dalam memperkecil area pencarian.

 (Baca juga: 8 Fakta Penemuan CVR Lion Air JT-610, dari Suara 'Ping' hingga Harapan Jokowi)

Berdasarkan hasil kerja tim dari Singapura, para penyelam TNI AL dan tim melanjutkan upaya pencarian CVR dengan menggunakan telepon air.

 ss

Selanjutnya, tim dari atas kapal KRI mengendalikan para penyelam untuk menemukan CVR di dalam perairan Karawang.

"Ada trik-triknya akhirnya pakai telepon air dari atas ke bawah, mengendalikan empat penyelam yang berputar mencari CVR ini," kata Luhut.

Berkat kerja sama tim itu, lanjut Luhut, black box CVR Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 dapat ditemukan.

"Mereka temukan CVR pada kedalaman 35 meter di mana ya memang sulit karena arusnya juga kencang," urainya.

 (Baca juga: KNKT Butuh 5 Hari Baca Data Percakapan CVR Lion Air PK-LQP)

s

Black box berisi CVR pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan pada Senin 14 Januari 2019 pekan lalu. Black box itu ditemukan penyelam TNI AL tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat.

Adapun pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini