Share

Ini Daftar Wilayah di Indonesia Berpotensi Terdampak Supermoon

Anggun Tifani, Okezone · Senin 21 Januari 2019 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 21 337 2007333 ini-daftar-wilayah-di-indonesia-berpotensi-terdampak-supermoon-LQYMJR285T.jpg Ilustrasi Supermoon (Foto: Okezone)

TANGERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini mengenai pasang maksimum air laut atau gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut merupakan dampak dari adanya supermoon.

Hal itu disebutkan Kepala BMKG Kota Tangerang, Teguh Rahayu yang mengatakan, peringatan akan adanya imbas dari supermoon berlaku mulai Sabtu 19 Januari 2019 hingga Selasa 22 Januari 2019.

"Kondisi pasang maksimum air laut ini disebutkan karena adanya fenomena supermoon, atau posisi perigee jarak terdekat bulan terhadap bumi disertai dengan bulan purnama," ujar Rahayu saat dikonfirmasi Okezone, Senin (21/1/2019).

(Baca Juga: Fenomena Supermoon, Selat Sunda Tetap Diimbau Waspada Tsunami)

Supermoon

Dikatakan Rahayu, secara spesifik, supermoon merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekira 10 persen atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Hal itu menyebabkan, pasang surut air laut hasil dari gravitasi dan juga efek sentrifugal yang berasal dari dorongan kearah luar pusat rotasi.

Berikut merupakan wilayah yang diberikan peringatan dini oleh BMKG:

- Pesisir utara Jakarta

- Pesisir utara Jawa Tengah

- Pesisir utara Jawa Timur

- Pesisir Cilacap

- Pesisir Tanjung Benoa, Bali

- Pesisir Kalimantan Barat

- Pesisir Makassar

(Baca Juga: Waspada, Jalur Pantura Rentan Banjir Rob Akibat Supermoon)

Meski begitu, Rahayu menegaskan tak ada keterkaitan antara supermoon dengan tsunami. Fenomena yang paling nampak dari adanya supermoon ialah pasang surut air laut, serta bulan akan tampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

"Supermoon berpengaruh terhadap gelombang pasang air laut. Ini berbeda dengan gelombang tsunami. Jadi, dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan sebab akibat antara supermoon dan tsunami," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini