nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebut Perekaman E-KTP, Kemendagri Kirim Tim ke 5 Wilayah Indonesia Timur

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 20 Januari 2019 12:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 20 337 2006909 kebut-perekaman-e-ktp-kemendagri-kirim-tim-ke-5-wilayah-indonesia-timur-esK1WpilwM.jpg Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh di Dirjen Dukcapil Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Foto: Puteranegara)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengerahkan tim "jemput bola" untuk melakukan perekaman kartu tanda penduduk berbasi elektronik atau e-KTP ke lima wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menyebut, tim itu beranggotakan 135 orang yang disebar ke Maluku, Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat dan Maluku Utara.

"Kami gotong royong jemput bola perekaman E-KTP untuk 5 provinsi yang cakupannya masih di bawah 85 persen, hari ini ada 138 relawan yang akan kita berangkatkan," kata Zudan di kantor Dirjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019).

(Baca Juga: Menkumham & Mendagri Pantau Pelaksanaan Rekam Cetak e-KTP di Lapas Cipinang)

Menurut Zudan, 135 orang itu akan ditugaskan mendukung percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (E-KTP) di 5 provinsi di wilayah Indonesia Timur tersebut. Nantinya mereka akan bertugas selama 14 hari.

 e-KTP

Tim tersebut, kata Zudan, akan disebar ke 86 titik layanan di 26 kabupaten/kota pada 5 provinsi tersebut. Dalam menjalankan tugasnya, tim itu akan dibekali oleh alat perekam e-KTP.

"Tugasnya adalah mendata siapapun warga negara yang memenuhi syarat berumur 17 tahun ke atas atau pernah menikah kami rekam kami buatkan KTP elektroniknya, hasil evaluasi kami 60 sampai 70 persen perekaman sudah bisa dicetak 30 menit sampai 1 jam," papar Zudan.

(Baca Juga: 12.878 Lembar KTP Elektronik Invalid di Sragen Dimusnahkan

Zudan meminta agar tim di 5 provinsi tersebut mempercepat pencetakan dan pembagian E-KTP ke masyarakat yang sudah direkam. Ia berharap tim-tim tersebut bisa bekerja secara solid.

"Dan ini bukan yang terakhir, akan kami lanjutkan terus di akhir Februari, Maret sampai dengan April. Ini untuk mengejar target perekaman, kami bisa segera diwujudkan," kata Zudan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini