nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Kebut Berkas Bagus Bawana Putra, Tersangka Hoaks Surat Suara

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 19:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 15 337 2004901 polisi-kebut-berkas-tersangka-hoaks-surat-suara-bagus-bawana-putra-LRPl2gCoYu.JPG Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mabes Polri segera merampungkan berkas perkara tersangka kasus penyebar berita bohong (hoaks) tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra (BBP). Polri sedang berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) agar berkas perkara yang bersangkutan segera lengkap untuk dilimpahkan.

"Secepat mungkin, hari ini sesegera mungkin dituntaskan untuk pemberkasan-pemberkasan, segera dicukupi. Makanya tim koordinasi secara proaktif dengan Kejaksaan Agung," ungkap Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/1/2019).

Lebih lanjut, kata Dedi, polisi masih mencari siapa aktor intelektual sebenarnya penyebar hoaks yang meresahkan masyarakat itu. Tak sampai di situ, Polri juga sedang mendalami kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus tersebut.

"Untuk dugaan tersangka lain masih kita dalami lewat analisis jejak digital dulu," sebutnya.

Diketahui Bareskrim Polri menangkap tersangka penyebar hoaks tujuh kontainer berisi surat suara yang telah tercoblos, Bagus Bawana Putra (BBP). Polisi menyebut bahwa rekaman suara yang beredar terkait informasi hoaks surat suara tercoblos sangat identik dengan suara Bagus Bawana.

"Dengan menggunakan algortima Gaussian Mixture Model (GMM) ini barang bukti kita lakukan uji (dengan suara pembanding-red) dan dari hasil uji itu kita mendapatkan empat rekaman suara barang bukti itu identik dengan suara atas nama tersangks BBP," ujar penyidik sekaligus ahli informasi teknologi dari Puslabfor Polri, Kombes M Nuh.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini