Tangkap Staf Direktur Penugasan Wasit PSSI, Polisi: Dia Bisa Atur Jalannya Pertandingan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 15 Januari 2019 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 15 337 2004830 tangkap-staf-direktur-penugasan-wasit-pssi-polisi-dia-bisa-atur-jalannya-pertandingan-WYSh6rd6cN.jpg Kombes Argo Yuwono. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Polri menangkap ML yang merupakan salah salah satu tersangka dalam kasus pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3. ML diketahui merupakan staf Direktur Penugasan Wasit PSSI.

Menurut Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola, Kombes Argo Yuwono, sosok ML ini mempunyai peran untuk mengatur jalannya pertandingan. Hal itu mulai dari jumlah kartu yang dikeluarkan wasit hingga waktu tambahan dalam suatu pertandingan.

"Artinya gini, saat pertandingan itu dilakukan dia yang mengatur. Tambahan waktu berapa, kemudian ada kartu kuning, merah, atau apa, itu ada semua dia yang mengatur. Dengan harapan, apa yang menjadi tujuan dia tercapai. Dia mengatur, mafia pengatur pertandingan," papar Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (15/1/2019).

Bahkan, Argo menyebut ML merupakan tokoh kondang di kancah persepakbolaan nasional. Karena itu, ML diduga telah melakukan menjalankan kegiatan sejak lama.

"Dia orang lama. Sedang kita dalami. Sedang BAP belum selesai karena lagi pemeriksaan. Dia orang lama di PSSI, sedang kita cek berapa lama dia di sana, apa saja yang dia lakukan," ungkapnya.

Satgas Antimafia Bola Mabes Polri Menangkap Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng terkait Dugaan Pengaturan Skor Pertandingan Sepakbola (foto: Istimewa)

Saat ini, lanjut Argo, ML tengah diperiksa Satgas Antimafia Bola untuk mengetahui jumlah uang yang sudah diterimanya.

“Kita sedang mengecek juga berapa uang yang dia terima, sedang didalami penyidik,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam kasus pengaturan skor sepakbola, tim Satgas Antimafia Bola sudah menetapkan 11 orang menjadi tersangka.

(Baca Juga : Terjerat Skandal Mafia Bola, Staf Direktur Penugasan Wasit PSSI Ditangkap)

Kesebelas tersangka itu ialah mantan Ketua Asprov PSSI DIY Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komite Eksekutif PSSI Johar Lin Eng, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya, Anik Yuni Artika Sari yang merupakan wasit futsal, dan wasit Nurul Safarid.

Kemudian, YI, CH, DS, P, MR, dan ditangkapnya ML yang merupakan staf direktur penugasan wasit PSSI.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dugaan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan dan/atau tindak pidana suap dan/atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

(Baca Juga : Polri: Tersangka Kasus Skandal Pengaturan Skor Bola Jadi 11 Orang)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini