nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Habibie ke Jokowi: Pendidikan Harus Dapat Perhatian Khusus

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 19:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2004389 pesan-habibie-ke-jokowi-pendidikan-harus-dapat-perhatian-khusus-zOsTwB7KtS.jpg (Dok. Okezone)

JAKARTA - Presiden ketiga BJ Habibie sempat memberikan pesan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pendidikan di Indonesia.

Habibie ingin Jokowi pemerintah memberikan porsi lebih terkait pendidikan vokasi atau kejuruan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

"Tanggapan banyak sekali kalau diceritakan. Intinya beliau memberikan tekanan pada pendidikan, ini agar betul-betul diberikan perhatian secara khusus terutama yang berkaitan dengan vokasi dan pelatihan-pelatihan, training-training serta pembudayaan," kata Jokowi usai melakukan video call dengan Habibie di kantornya, Senin (14/1/2019).

(Baca Juga: Video Call dengan Habibie, Jokowi Ceritakan Kondisi Indonesia Terkini)

Karena itu, Jokowi ingin pendidikan menjadi budaya bagi masyarakat untuk meningkatkan SDM bangsa Indonesia. Dengan begitu, produktivitas dan kedisiplinan generasi muda bangsa Indonesia dapat ditingkatkan.

"Jadi budaya produktivitas, kedisiplinan kemudian kerja keras, itu yang beliau sampaikan," ujar Jokowi.

Kepala Negara juga mengungkapkan pesan lainnya dari Bapak Teknologi Indonesia tersebut. Kepada Jokowi, Habibie menyampaikan perbedaan budaya dan adat istiadat suku bangsa adalah kekuatan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Juga mengenai perbedaan-perbedaab budaya yang ada di kita ini agar menjadi sebuah kekuatan. Intinya ke sana," kata Jokowi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini