nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Pastikan Perangkat Desa Dapat BPJS dan Penyetaraan Gaji

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 16:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2004256 jokowi-pastikan-perangkat-desa-dapat-bpjs-dan-penyetaraan-gaji-XtCw2mf2J2.jpg Presiden Jokowi bertemu PPDI di Istora Senayan, Jakarta (Foto: Ist)

JAKARTA - Perangkat Desa kini sudah bisa bernapas lega. Sebab, mereka akan mendapat fasilitas kesehatan hingga penyetaraan gaji.

Kepastian itu diperoleh ketika massa Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) Istora Senayan, Jakarta. Mereka ingin menagih janji Jokowi terkait pengangkatan perangkat desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jokowi dalam pidatonya di depan massa PPDI menegaskan, pemerintah telah memutuskan semua perangkat desa di Indonesia akan mendapatkan penghasilan setara dengan ASN (Aparatur Sipil Negara) Golongan 2/a.

"Peraturan Pemerintah Nomor 43 dan 47 akan segera direvisi. Saya sudah perintahkan paling lama dua pekan setelah ini," kata Jokowi, Senin (14/1/2019). 

(Baca Juga: Temui Perangkat Desa, Jokowi: Enggak Usah Demo di Istana)

Jokowi juga menyampaikan, seluruh kepala desa dan perangkat desa akan mendapatkan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). "Tadi saya juga sudah diberikan informasi bahwa BPJS juga akan diberikan kepada seluruh kepala desa dan perwakilan desa," katanya.

Perangkat Desa

Ketua Umum PPDI Mujito menuturkan, pertemuannya dengan Jokowi merupakan jawaban dari pemerintah terkait tuntutan PPDI. "Bapak Presiden sudah siap mengeluarkan peraturan pemerintahnya," ujar Mujito.

(Baca Juga: Jokowi Ingin Rehabilitasi dan Rekonstruksi Daerah Bencana Segera Diselesaikan)

Perhatian yang diberikan pemerintah, bagi Mujito, menunjukan kerja nyata dan perhatian Jokowi kepada seluruh rakyatnya, khususnya perangkat desa maupun kepala desa.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini