nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CVR Lion Air Ditemukan di Timbunan Lumpur Sedalam 8 Meter

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 12:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2004113 cvr-lion-air-ditemukan-di-timbunan-lumpur-sedalam-8-meter-31m9rUgH4k.jfif CVR Lion Air yang ditemukan TNI AL. (Foto : Pushidrosal)

JAKARTA – Kotak hitam (black box) jenis Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, ditemukan di dalam lumpur sedalam 8 meter di bawah laut oleh tim penyelam dari TNI Angkatan Laut.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada I, Letkol Agung Nugroho menjelaskan, black box pesawat Lion Air JT-610 itu ditemukan 8 meter di dalam lumpur yang ada di dalam laut. Sementara kedalaman laut mencapai 30 meter.

"Kedalaman laut itu 30 meter. Nah, ini di bawah 30 meter di dalamnya ada lumpur lagi sekitar 8 meter di dalam lumpur itu ditemukan," kata Agung saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

Black Box Lion Air JT610

Namun, tidak bisa disebut CVR itu ditemukan dalam kedalaman 38 meter. Sebab, lumpur bukanlah bagian dari kedalaman laut.

(Baca Juga : Pasukan Katak Temukan Kotak Hitam CVR Lion Air PK-LQP)

Hingga kini CVR masih dibawa dari lokasi penemuan ke Dermaga Penyeberangan TNI AL, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Untuk itu, dia minta bersabar sampai CVR tiba.

"Sekarang CVR sudah dipegang, sudah diangkat ke kapal," tutur Agung.

Sebagaimana diketahui, Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, 29 Oktober 2018, dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pangkalpinang. Sebanyak 178 penumpang dan lima kru pesawat tewas.

(Baca Juga : CVR Lion Air Ditemukan Pertama Kali oleh Serda Satria Margono, Begini Ceritanya)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini