nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Eddy Sindoro Ralat Kesaksian soal Lucas di Persidangan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 22:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 337 2002826 anak-eddy-sindoro-ralat-kesaksian-soal-lucas-di-persidangan-Vsw8QvTFe3.jpg Advokat Lucas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tim jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan saksi Michael Sindoro, anak dari Chairman PT Paramount Enterprise International, Eddy Si‎ndoro. Ia bersaksi untuk perkara merintangi penyidikan yang menyeret Advokat Lucas.

‎Dalam kesaksiannya di persidangan, Michael Sindoro meralat keterangannya saat proses penyidikan di KPK terkait percakapannya dengan Lucas.‎ Menurutnya, ia tidak pernah berkomunikasi dengan Lucas.

"Awalnya, saya kira itu Lucas, tapi setelah saya lihat videonya, ternyata itu Mr Tan, saya yakin kalau itu Mr Tan," jelas Michael di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

(Baca Juga: Novel Baswedan Punya Rekaman Percakapan Lucas dan Eddy Sindoro

Jaksa Abdul Basir kemudian membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Michael. Dalam BAP, Michael mengatakan, Lucas beberapa kali menghubunginya dan menanyakan kondisi Eddy Sindoro saat di Malaysia.

 Eddy Sindoro

Lucas juga mengonfirmasi soal kelanjutan proses hukum Eddy Sindoro saat diamankan Imigrasi Malaysia karena paspor palsu. Namun, BAP itu turut diralat Michael.

Michael mengatakan, yang komunikasi dengannya itu ternyata Mr Tan. "Setelah saya diinterogasi KPK, saya nonton video di Youtube. Saya lihat Bapak Lucas membaca sesuatu, suaranya beda dengan suara yang saya dengar di telefon. Dialeg dan intonasinya beda. Saya pikir itu bukan Pak Lucas," kata Michael.

Lucas sedianya didakwa bersama-sama dengan Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Lucas diduga menyarankan Eddy Sindoro selaku tersangka untuk tidak kembali ke Indonesia.

(Baca Juga: Petugas Imigrasi Soetta Akui Diperintah untuk Cek Daftar Cekal Eddy Sindoro

Jaksa KPK juga mendakwa Lucas membantu Eddy Sindoro masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari tindakan hukum KPK terhadap Eddy Sindoro.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini