nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 10 Januari: Beroperasinya London Underground Railway hingga Bom Palopo

Neneng Hasanah, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 07:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 337 2002378 peristiwa-10-januari-beroperasinya-london-underground-railway-hingga-bom-palopo-4S0KQrdQ4U.jpg Ilustrasi bom. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tanggal 10 Januari menjadi momen diperingatinya Hari Sejuta Pohon Sedunia. Peringatan ini merupakan bentuk rasa cinta manusia terhadap alam. Mengingat semakin menipisnya atsmosfer bumi, maka jumlah pohon perlu ditingkatkan agar kadar oksigen meningkat dan karbondioksida berkurang. Kemudian pohon juga mampu menahan laju air sehingga banyak air yang terserap tanah. Alhasil, kekeringan tidak akan terjadi.

Selain momen tersebut, berbagai peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi pada tanggal ini. Berikut Okezone paparkan peristiwa penting dan bersejarah pada 10 Januari, seperti dihimpun dari Wikipedia.org, Kamis (10/1/2019).

1. London Underground Railway mulai beroperasi

Pada 10 Januari 1863, kereta bawah tanah di Kota London, Inggris, yang disebut London Underground Railway, mulai beroperasi. Jalur kereta yang pertama kali dibuka adalah lintasan yang menghubungkan kawasan Paddington dan Farringdon Street.

2. Sidang umum perdana PBB

Sejak terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 24 Oktober 1945, lembaga dunia ini menggelar sidang umum pertamanya pada 10 Januari 1946 di Church House, London, Inggris. Sidang tersebut dihadiri oleh wakil dari 51 negara.

3. Terbentuknya Panitia Lencana Negara

Setelah peristiwa Konferensi Meja Bundar (KMB), Indonesia (saat itu Republik Indonesia Serikat) merasa perlu adanya lambang negara. Maka dibentuklah Panitia Lencana Negara pada 10 Januari 1950 dengan Menteri Negara Zonder Porto Folio Sultan Hamid II selaku koordinator. Kemudian ada Muhammad Yamin selaku ketua, Ki Hajar Dewantoro, MA Pellaupessy, Mohammad Natsir, dan RM Ng Poerbarjaraka sebagai anggota. Panitia tersebut bertugas menyeleksi usulan rancangan lambang negara untuk dipilih dan diajukan kepada pemerintah.

4. Lahirnya Partai Demokrat Indonesia (PDI)

Partai Demokrat Indonesia (PDI) didirikan pada 10 Januari 1973. Partai ini merupakan gabungan dari Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), serta dua partai keagamaan yakni Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan Partai Katolik. Saat itu PDI pun dipimpin oleh Mohammad Isnaeni.

Dalam Kongres Luar Biasa PDI di Surabaya 1993, Megawati Soekarnoputri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI. Namun, pemerintah Soeharto tidak setuju dengan hal tersebut. Alhasil pada Kongres PDI di Medan 1996, Mega digeser dan digantikan Soerjadi. Kemunculan PDI dianggap menjadi cikal-bakal lahirnya PDI Perjuangan yang saat ini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

5. Ledakan Bom Palopo

Peristiwa ledakan bom terjadi di Kafe Bukit Sampoddo Indah di Kecamatan Wara, Kabupaten Luwu, Palopo, Sulawesi Selatan, pada 10 Januari 2004, pukul 23.00 Wita. Pengeboman ini menewaskan empat orang dan melukai tiga lainnya.

Latar belakang pengeboman tersebut karena pelaku bernama Jasmin bin Kasau menjadikan hal itu sebagai bentuk jihad melawan perbuatan buruk di kelab malam dan bar. Maka, ia bersama temannya mengunjungi kafe tersebut dan duduk di meja nomor 11 yang dekat dengan pintu masuk. Setelah memesan minum, mereka langsung meninggalkan kafe. Kemudian sebuah perangkat yang diduga bom pun meledak, hingga terdengar sampai jarak 2 kilometer.

6. Meninggalnya David Bowie

David Robert Jones atau yang memiliki nama panggung David Bowie seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman asal Inggris yang telah berkarya selama empat dekade. Ia pun meninggal dunia pada 10 Januari 2016 di New York, Amerika Serikat (AS), akibat penyakit kanker yang dideritanya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini