nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Hoaks Surat Suara Ditangkap, Begini Komentar KPU

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 18:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 09 337 2002187 pelaku-hoaks-surat-suara-ditangkap-begini-komentar-kpu-tbDEEFFwnI.jpg Ketua KPU, Arief Budiman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tersangka pembuat hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos bernama Bagus Bawana Putra (BBP) telah ditangkap pihak kepolisian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta agar pelaku diganjar hukuman setimpal.

"Saya ingin (tersangka) diperlakukan sesuai ketentuan penegakkan hukum yang berlaku. Kami minta diproses sesuai aturan yang ada," ujar Ketua KPU Arief Budiman di sela-sela RDP dengan Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Arief menuturkan, dengan diprosesnya tersangka pembuat hoax dengan hukuman yang berlaku, maka ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk berhati-hati menyebarkan informasi. Apalagi saat ini sudah memasuki tahun politik.

"Ini jadi pelajaran bagi siapapun, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, masyarakat. Mudah-mudahan beri pelajaran positif bagi semua," ujar dia.

Tersangka pembuat hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos bernama Bagus Bawana Putra (BBP) telah ditangkap pihak kepolisian di Sragen, Jawa Tengah.

Pelaku, kata polisi, menyebar kabar bohong itu dengan berbagai cara, mulai tulisan maupun suara yang sudah direkam sebelumnya dan disebar melalui media sosial Twitter maupun grup Whatsapp.

Sementara penyidik Puslabfor Polri mengatakan pihaknya berhasil mengidentifikasi suara dalam rekaman yang beredar tersebut. Dari hasil pemeriksaan, petugas mencocokkan rekaman dan hasilnya diketahui dilakukan oleh tersangka Bagus Bawana.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini