nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB Doni Monardo Bakal Perkuat Mitigasi Bencana hingga ke Desa

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 12:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 09 337 2001948 kepala-bnpb-doni-monardo-bakal-perkuat-mitigasi-bencana-hingga-ke-desa-iJRhH7ANlG.jpg Pelantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB. (Foto: Fakhrizal F/Okezone)

JAKARTA - Letjen TNI Doni Monardo berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikannya kepercayaan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Doni ingin terlebih dahulu melakukan pengarahan kepada pejabat BNPB sore ini, Rabu (9/1/2019). Ia akan memaparkan beberapa langkah dalam menangangi persoalan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air.

"Menyelesaikan beberapa wilayah yang mengalami bencana baik itu di Lombok, Palu, dan terakhir di Banten dan Lampung serta Sulawesi Selatan," ujar Doni usai dilantik di Istana Merdeka.

(Baca juga: Sejumlah PR dari Jokowi untuk Doni Monardo Pasca-Dilantik Jadi Kepala BNPB)

Mantan Danjen Kopassus itu berjanji akan memperluas mitigasi bencana hingga ke tingkat desa. "Mudah-mudahan ini akan sampai ke tingkat desa termasuk hingga ke RW. Semua harus dilibatkan," kata dia.

Foto: Fakhrizal/Okezone

Selain itu, Doni akan memperkuat kajian dan riset soal kebencanaan di Indonesia dengan mengajak para peneliti dan pakar. Dengan begitu, potensi terjadinya bencana besar bisa diketahui dan diantisipasi. Pihaknya akan melibatkan lembaga lain seperti BMKG dalam hal ini. Selanjutnya kajian tersebut akan disampaikan ke publik

"Tentu ini harus kita sampaikan ke publik dengan cara-cara yang tepat sehingga nanti semua kawasan yang memiliki potensi bencana sudah mempersiapkan diri," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini