Jokowi Dorong Pemda Se-Jabodetabek Lakukan Transportasi Berbasis TOD

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 08 Januari 2019 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 08 337 2001558 jokowi-dorong-pemda-se-jabodetabek-lakukan-transportasi-berbasis-tod-Qu80vXD1cH.jpg Jokowi (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah daerah yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk melakukan manajemen lalu lintas dengan metode berbasis transit oriented development (TOD).

TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti moda raya terpadu (MRT) dan lintas rel listrik (LRT).

 Baca juga: Kemenhub Setuju MK Tolak Gugatan Ojek Online: Motor Penyebab Kecelakaan Terbesar

"Pengelolaan TOD. Ini juga, 10 tahun tidak jalan. Saya kira sama pengelolaan ada di beberapa tempat, ada di DKI, Kementerian BUMN, kementerian lain, ada di Jabar, Banten," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Pengelolaan Transportasi Jabodetabek' di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/1/2018).

 Jokowi

Jokowi ingin keterpaduan moda transportasi umum dapat dirancang dan dihitung oleh seluruh pemda se-Jabodetabek. Dengan begitu, kata dia, dapat meningkatkan akses dan angkutan umum yang ada di perkotaan.

 Baca juga: Polisi Minta Pemprov DKI Segera Terapkan Jalan Berbayar di Ibu Kota

"Intinya kita ingin ada penyederhanaan manajemen yg ada semakin gampang dimulai, gampang mengerjakan, sehingga jangan lempar institusi satu dengan institusi lain," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini