nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gedung Kemenkumham Terbakar, Server Dipastikan Aman

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 10:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 337 2001382 -quYweduLdn.jpg Gedung Kemenkumham (foto: Okezone)

JAKARTA - Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham) membantah servernya mengalami kebakaran. Hanya saja, pasca-adanya kebakaran di Gedung Kemenumham, server dinonatifkan untuk sementara.

‎"Mengklarifikasi berita yang beredar bahwa server Kemenkumham terbakar adalah tidak benar. Server sampai hari ini aman, hanya sedang dinonaktifkan untuk sementara," kata Kabiro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Bambang Wiyono melalui pesan singkatnya, Selasa (8/1/2019).

(Baca Juga: 3 Lantai Gedung Kemenkumham Kebakaran, 20 Unit Damkar Diterjunkan) 

Menurut Wiyono, awal mula kebakaran terjadi sekira pukul 05.15 WIB di Gedung Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemenkumham. 20 unit damkar langsung menuju ke lokasi untuk memadamkan api yang sempat berkobar di Gedung Sekjen Kemenkumham.

"Setengah jam api sudah dapat dikendalikan. Sekarang sudah dilakukan pendinginan dan mencari titik api yang mungkin masih ada," terangnya.

Kebakaran Gedung Kemenkumham. (Foto: Twitter @Tengskit)	Kebakaran Gedung Kemenkumham. (Foto: Twitter @Tengskit)

Wiyono mengungkapkan, aktivitas di kantor Kemenkumham tetap berjalan seperti biasanya. Sementara itu, ‎seluruh jendela ventilasi dibuka untuk mengurangi asap di lokasi kejadian.

"Ruangan mana saja yang kena dampak dan seberapa parah kerusakan masih di dalami tim Damkar dan tim Kemenkumham di lokasi. Pelayanan tetap berjalan kegiatan," terangnya.

Sementara itu, pelayanan online kesekjenan yang terkena dampak sedang dilakukan verifikasi koneksi terlebih dahulu sebelum up server. "Segera kita selesaikan pelayanan online kesekjenan," pungkasnya.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di tiga lantai Gedung Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada pagi hari ini.‎ Kebakaran terjadi di ruang server lantai empat dan lima serta ruang Sekjen di lantai enam.

Menurut Kapospol Mega Kuningan, Iptu Suryanta, kebakaran hanya terjadi di server penghantar aliran listrik lantai empat, lima, dan enam. Sehingga, tidak ada barang-barang perabotan yang ikut terbakar. Aktivitas di kantor Kemenkumham tetap berjalan normal.

"Persitiwa kebakaran tersebut tidak berakibat, aktivitas di Kemenkumham tetap berjalan normal," kata Iptu Suryanta melalui pesan singkatnya.

(Baca Juga: Api di Gedung Kemenkumham Berhasil Dipadamkan, Aktivitas Kembali Normal) 

‎Suryanta menjelaskan, api awalnya mulai menyambar bagian ruangan server tersebut sekira pukul 05.10 WIB. Api melahap lantai empat, lima, dan enam di bagian server penghantar listrik.

Belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran di tiga lantai Gedung Kemenkumham tersebut. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

20 unit Damkar yang diterjunkan ke lokasi sudah berhasil menguasai api. Api serta asap yang sempat mengepul di bagian ruangan server di tiga lantai Kemenumham telah dipadamkan sekira pukul 06.50 WIB.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini