Kasus Vanessa Angel Bukan yang Pertama: Bagaimana Sosiolog Memandang Fenomena Artis Masuk Dunia Prostitusi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 07 Januari 2019 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 07 337 2000784 kasus-vanessa-angel-bukan-yang-pertama-bagaimana-sosiolog-memandang-fenomena-artis-masuk-dunia-prostitusi-5D41izBuw7.jpg Vannesa Angel dipesan dengan tarif Rp80 juta. Foto/Instagram

JAKARTA - Polisi mengamankan artis Vanessa Angel dan model majalah dewasa Avriellia Shaqqila karena kasus prostitusi online di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur.

Peristiwa terciduknya artis yang terlibat dalam prostitusi bukanlah hal pertama. Pada 2015, model dewasa Anggita Sari diamankan saat melayani seorang pria di Surabaya.

Kemudian ada penyanyi dangdut Hesty Klepek Klepek. Ia kedapatan sedang bermesraan dengan pria pemesannya di dalam kamar hotel pada tahun 2016.

Foto/Okezone 

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI), Rissalwan Habdy Lubis menilai fenomena artis yang terlibat dalam prostitusi dengan dikarenakan pola gaya hidup.

“Saya kira itu erat kaitannya dengan gaya hidup, dimana norma kesusilaan sudah mulai meluntur,” papar Habdy kepada Okezone, Senin (7/1/2019).

 

Habdy menyebut ada dua faktor yang mendorong seorang publik figur masuk ke dunia pelacuran.

Baca: Kronologi Tertangkapnya Artis VA yang Terlibat Prostitusi Online di Surabaya 

Baca: Ini Modus Mucikari Jajakan Vanessa Angel, Tarif Tergantung Kecantikan dan Ketenaran

Faktor pendorong, kata dia adalah ketiadaan lingkungan yang mencegah atau mengingatkan pelaku prostitusi untuk berhenti melakukan hal buruk karena melanggar norma susila dan agama.

“Sementara faktor penarik adalah gaya hidup yang glamour dan hedonis yang membuat pelaku berani mencoba-mencoba hal yang akhirnya menjerumuskan dia untuk mendapatkan instant cash (uang cepat-red). Jadi ini murni transaksi ekonomi tanpa ada perasaan apa-apa,” tegasnya.

Foto/Okezone 

Dalam kasus Vanessa Angel misalnya, polisi mengungkapkan tarif layanannya Rp80 juta. Sedangka Avriellia Rp25 juta.

Keduanya sempat diamankan polisi, namun Vanessa dan Averiella dibebaskan lantaran tak menjadi tersangka dalam kasus prostitusi ini, dan ditetapkan sebagai saksi.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini