nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 6 Januari: New Mexico Diakui AS hingga Lahirnya Vokalis BIP

Putri Rahmadanti, Jurnalis · Minggu 06 Januari 2019 09:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 06 337 2000550 peristiwa-6-januari-new-mexico-diakui-as-hingga-lahirnya-vokalis-bip-U58qONVGI5.jpg Santa Fe (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pekan pertama di awal tahun ini terdapat sejumlah peristiwa yang menjadikan 6 Januari tercatat dalam deretan sejarah. Salah satunya, New Mexico diakui sebagai bagian dari negara Amerika Serikat ke-47.

Selain itu, 6 Januari juga mengingatkan kita pada acara komedi Spontan yang tayang perdana di televisi swasta di Indonesia.

Berikut Okezone merangkum sederet peristiwa yang terjadi pada 6 Januari seperti dikutip dari laman Wikipedia.

New Mexico diakui sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-47 – 1912

New Mexico

New Mexico atau Meksiko Baru merupakan sebuah negara bagian Amerika Serikat. Negara ini terletak di bagian selatan. Ibu kota negara ini adalah Santa Fe. New Mexico juga merupakan negara bagian ke-47 sejak 6 Januari 1912 dan dikenal denga nama Land of Enchantment.

Sesuai dengan undang-undang, negara bagian New Mexico dikepalai oleh seorang Gubernur yang dipilih untuk jangka waktu 4 tahun. Gubernur New Mexico sekarang adalah Susana Martinez dengan masa jabatan 1 Januari 2011 hingga 2019. Terdapat pula Badan Legislatif negara bagian yang terdiri 42 anggota “Senate” dan 70 anggota “House of Representative” yang dipilih untuk jangka 4 tahun.

Roosevelt menyampaikan 4 kebebasan dalam State of the Union Address – 1941

Roosevelt

Franklin Delano Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat ke-32 dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika yang terpilih empat kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945. Ia lahir di Hyde Park, New York, 9 Januari 1882.

Ia salah satu tokoh abad ke-20 dan menempati urutan ketiga dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat. Salah satu pencapaian Roosevelt yang terkenal dikarenakan kepemimpinannya membantu Amerika Serikat memulihkan diri dari masa depresi hebat.

Pada State of the Union Address 6 Januari 1941, Roosevelt mencantumkan 4 kebebasan dalam amanat tahunannya. Keempat kebebasan itu adalah kebebasan untuk menyatakan pendapat, kebebasan untuk beragama, kebebasan dari kemelaratan, dan kebebasan dari ketakutan. Masa jabatannya berakhir dan digantikan oleh wakilnya karena Roosevelt meninggal dunia terserang penyakit stroke di Warm Springs, Georgia, 12 April 1945.

Pan Am maskapai pertama melayani rute keliling dunia – 1972

Pan am

Pan American Worldairways yang pada umumnya disebut Pan Am merupakan sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat yang didirikan pada 14 Maret 1927. Maskapai ini beroperasi dari 1930-an hingga 1991.

Pan Am adalah satu-satunya maskapai yang pernah mengadakan dua penerbangan keliling dunia dengan rute berbeda. Rute ini mengeliling bumi yang dilakukan pada 1972. Pada masa yang sama, maskapai ini juga mengadakan perjalanan keliling dunia, yaitu mengelilingi kutub utara dan selatan.

Kedua perjalanan itu dilakukan dengan pesawat yang sama, yakni Boeing 747SP-21 beregistrasi N553PA yang dinamai “Clipper Liberty Bell”. Pada perjalanan kedua, nama pesawat tersebut berganti menjadi “Clipper New Horizons”. Kedua perjalanan ini juga dilaksanakan dengan kapten pilot yang sama.

Lahirnya vokalis grup musik BIP, Ipang – 1972

Ipang

Irfan Fahri Lazuardy yang memiliki nama panggung Ipang BIP lahir di Bandung, 6 Januari 1972. Ipang merupakan vokalis grup musik BIP. Ia bergabung dengan BIP pada 2004 setelah menggantikan posisi Irang. Sebelumnya, grup band ini didirikan oleh 3 musisi yang hengkang dari grup band Slank pada 1996.

Sebelum bergabung dengan BIP, Ipang merupakan anggota grup musik Plastik Band. Hengkang dari Plastik Band, Ipang sempat bersolo karier dengan aliran baru, tripop. Ia juga sempat berduet dengan sejumlah rekannya. Setelah vakum selama kurang lebih 6 tahun, akhirnya pada 26 November 2010 BIP mengeluarkan album baru yang bertajuk Berangkat, di bawah naungan Fame Musik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini