nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 5 Januari: Hari Korps Wanita AL dan Ditemukannya Alat Rontgen

Athallah Muti, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 09:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 05 337 2000258 peristiwa-5-januari-hari-korps-wanita-al-dan-ditemukannya-alat-rontgen-N0jwbvVKx8.jpg Foto: Sindo

JAKARTA - Berbagai peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi dari tahun ke tahun pada 5 Januari. Salah satunya adalah peringatan Hari Korps Wanita Angkatan Laut, ditemukannya alat rontgen oleh Wilhelm Conrad Rontgen, lahirnya Kevin Lilliana Miss Internasional 2017 asal Indonesia, dan masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang pernah terjadi pada 5 Januari.

Selain ketiga peristiwa tersebut, berikut Okezone rangkum beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 5 Januari, sebagaimana dihimpun dari Wikipedia.org, Sabtu (5/1/2019).

1. Hari Korps Wanita AL

Setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai hari Korps Wanita Angkatan Laut atau yang disingkat Hari Jadi Kowal. Kowal merupakan sebutan untuk prajurit TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia.

Bermula pada sebuah berita yang disebarluaskan ke seluruh pelosok Perguruan Tinggi Indonesia tentang pembentukan dan pengumuman penerimaan anggota Kowal. Sebanyak 12 orang yang mengikuti tes penerimaan anggota Kowal tersebut berhasil terseleksi dan lulus menjadi anggota Kowal.

Angkatan pertama ini dikenal sebagai Kowal inti yang dilantik menjadi anggota Kowal oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda RE Martadinata, di lapangan apel Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada 5 Januari 1963. Pada akhirnya tanggal pelantikan tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal.

al

2. Ditemukannya Alat Rontgen

Pada 5 Januari 1896, seorang ahli fisika asal Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen menemukan alat radiasi sinar X yang disebut dengan nama dirinya, rontgen.

Alat rontgen adalah alat yang menggunakan radiasi Sinar X untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh manusia yang utamanya digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan dan untuk pemantauan kondisi kesehatan dalam tubuh.

Penemuan alat rontgen tersebut membuat Wilhelm menjadi fisikawan Jerman pertama yang meraih penghargaan nobel pada tahun 1901. Alat temuannya itu menandai dimulainya zaman fisika modern dan revolusi kedokteran diagnostik.

dd

3. Didirikan Partai Pekerja Jerman

Partai Pekerja Jerman didirikan di Munich, Jerman, pada 5 Januari 1919, oleh Anton Drexler seorang pemimpin politik dan tokoh penting yang memegang ideologi pan-Jerman dan anti-Semitik. Partai tersebut kemudian menjadi Partai Nazi pada 24 Februari 1920 setelah Adolf Hitler mengambil alih kepemimpinan partai.

Ideologi Nazi menekankan pada kemurnian ras orang-orang Jerman dan menyingkirkan kaum yang mereka sebut sebagai Lebensunwertes Leben, yang di antaranya Yahudi, orang Slavia, orang Rom, homoseksual, kelompok Saksi-Saksi Yehuwa, orang-orang cacat mental atau fisik, dan komunis.

4. Berdirinya Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) atau yang biasa disebut Unbra atau Unibraw adalah perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan pada 5 Januari 1963, di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1/1963.

Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. H. Soekarno, dengan harapan mampu gemilang dan menjadi kampus kebanggan bangsa Indonesia seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit.

5. Lahirnya Kevin Lilliana

Miss Internasional 2017, Kevin Lilliana, lahir di Bandung, pada 5 Januari 1996. Ia merupakan seorang model dan juga Runner-Up 1 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2017 dan dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017 asal Jawa Barat.

Kontes Miss Internasional 2017 yang digelar pada 14 November 2017, di Tokyo, Jepang ini mencatatkan sejarah kemenangan pertama Indonesia pada kontes Miss International. Kontes yang diikuti oleh 69 peserta dari seluruh dunia ini dimenangi oleh Kevin Lilliana dari Indonesia.

Tak hanya itu, Kevin Lilliana juga menyandang gelar Miss Best Dresser (Busana Terbaik) dan mendapatkan penghargaan khusus pada malam final saat menggunakan busana dari Ivan Gunawan yang bertemakan “Thalassa: Mother of Sea".

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini