nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 4 Januari: Kemerdekaan Myanmar hingga Bung Karno Hadiri Pemindahan Ibu Kota di Yogya

Neneng Hasanah, Jurnalis · Jum'at 04 Januari 2019 08:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 04 337 1999755 peristiwa-4-januari-kemerdekaan-myanmar-hingga-bung-karno-hadiri-pemindahan-ibu-kota-di-yogya-GA7PvseuVM.png Ilustrasi perang Myanmar melawan Inggris. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA – Tanggal 4 Januari merupakan hari keempat dari 361 hari dalam kalender Georgian. Peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi pada tanggal ini. Sebu saja peristiwa merdekanya Myanmar dari Inggris pada 1948 dan pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Yogyakarta pada 1946.

Selain dua peristiwa tersebut, Okezone merangkup beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Januari, sebagaimana dihimpun dari Wikipedia.org, Jumat (4/1/2019).

1. Kelahiran Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu merupakan seorang gadis Desa Abubu di Pulau Nusalaut, Maluku, yang lahir pada 4 Januari 1800. Ia dikenal sebagai seorang gadis pemberani yang langsung terjun ke medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam Perang Pattimura tahun 1817.

Hingga akhirnya, ia meninggal dunia pada usia 17 tahun di Laut Banda, Maluku. Sampai sekarang dia dinobatkan sebagai pahlawan nasional Indonesia dan dikenang lewat Monumen Martha Christina Tiahahu di Abubu, Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah.

Martha Christina Tiahahu. (Foto: Ist)

2. Pemindahan ibu kota RI ke Yogyakarta

Setelah Indonesia merdeka, bukan berarti penjajah langsung meninggalkan Indonesia begitu saja. Pasalnya pada 1946, ibu kota Republik Indonesia (RI) di Jakarta telah diawasi ketat oleh pasukan NICA dan sekutu. Kontak senjata sering kali terjadi antara pejuang dengan musuh.

Hal itu membuat Presiden Soekarno memutuskan memindahkan ibu kota RI ke Yogyakarta atas izin Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam VIII. Maka pada 4 Januari 1946 dini hari, Bung Karno beserta rombongan menuju Yogyakarta menggunakan kereta api.

Hanya jalur-jalur keretalah yang masih relatif aman. Jalur yang dilalui yakni Pegangsaan Timur–Manggarai–Jatinegara–Bekasi–Cikampek–Cirebon–Purwokerto–Kroya–Kutoarjo–Yogyakarta.

3. Kemerdekaan Myanmar

Perang Inggris-Myanmar pada 1824 hingga 1885 menyebabkan tunduknya Myanmar di bawah penjajahan Inggris. Myanmar pun sempat dijadikan provinsi India oleh Inggris pada 1886.

Berbagai bentuk perlawanan terhadap Inggris sudah dilakukan. Salah satunya muncul gerakan nasionalisme bernama The General Council of Burmese Association (GCBA) yang menjalankan politik non-kooperatif dengan Inggris.

Alhasil, Myanmar resmi merdeka dari Inggris pada 4 Januari 1948. Hingga saat ini tanggal itu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Myanmar.

Myanmar. (Foto: Ist)

4. Luna 1 Dekati Bulan

Luna 1 menjadi pesawat luar angkasa buatan manusia pertama yang berhasil mencapai daerah sekitar bulan. Saat itu, tepatnya 3 Januari 1959, pukul 03.56 waktu Moskwa, Luna 1 diluncurkan untuk kesekian kalinya.

Hal ini dilakukan sebagai percobaan perilaku gas di luar angkasa. Setelah 34 jam setelah peluncuran, tepat pad 4 Januari 1959, Luna 1 melintas pada jarak 5.995 kilometer dari permukaan bulan.

5. Taman Jomblo Diresmikan

Wali Kota Bandung periode 2013-2018, Ridwan Kamil, meresmikan Taman Pasupati atau yang dikenal dengan Taman Jomblo pada 4 Januari 2014. Lokasi taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Bandung, Jawa Barat.

Awalnya taman ini merupakan kolong jembatan yang gelap, sepi, dan berbatu. Kemudian disulap menjadi ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk berinteraksi. Fasilitas yang disediakan pun sudah sampai skala internasional, salah satunya arena skateboard.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini