Kunjungan ke Blitar, Jokowi Sempatkan Ziarah ke Makam Bung Karno

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 03 Januari 2019 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 03 337 1999482 kunjungan-ke-blitar-jokowi-sempatkan-ziarah-ke-makam-bung-karno-Si9Av9ml1z.jpg Presiden Joko Widodo berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Di sela-sela kunjungannya ke Jawa Timur, Kamis (3/1/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berziarah ke makam Presiden pertama Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

Jokowi tiba ke makam Bung Karno sekira pukul 14.20 WIB. Dia didampingi Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Kepala Negara tampak khusuk saat berziarah ke makam salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut.

(Baca Juga: Jokowi Hujan-hujanan Tinjau Kali Bogel di Blitar

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Jokowi berada di makam Bung Karno sekira 10 menit. Ia pun berdoa dan menaburkan bunga di makam pemimpin yang akrab disapa Bung Besar tersebut.

 Jokowi ziarah ke makam Bung Karno

Tak hanya di makam Bung Karno, Jokowi juga menaburkan bunganya ke makam Ida Ayu Nyoman Rai dan Raden Soekemi Sosrodihardjo yang merupakan kedua orang tua dari Bung Karno. Makam itu juga berada di sebelah kiri dan kanan makam penguasa orde lama tersebut.

Usai berziarah ke makam Bung Karno, Jokowi tampak melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan ibadah salat jamak dan qashar di musala yang ada di kompleks makam Bung Karno.

Sebelumnya, Jokowi rela hujan-hujanan saat meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bogel di Blitar, Jawa Timur.

(Baca Juga: Ke Jawa Timur, Jokowi Tinjau Proyek Pengendalian Banjir Kali Bogel

Jokowi menggenakan payung berwarna biru saat meninjau normalisasi kali sepanjang 7,1 hektare tersebut. "Lho kok ikut hujan-hujanan," kata Jokowi menyapa warga dan wartawan yang ada di lokasi.

 Jokowi ziarah ke makam Bung Karno

Sebelum ke Kali Bogel, Kepala Negara terlebih dahulu meninjau rehabilitasi irigrasi Lodoyo, Kelurahan Jegu, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Kehadiran Jokowi ke Kali Bogel membuat warga berbondong-bondong ingin menyalami dan berfoto bersama dengannya. Padahal, saat itu hujan juga tengah mengguyur dengan derasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini