nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bareskrim Tangkap 5 Orang Komplotan Sabu Jaringan Indonesia-Malaysia

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 14:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 28 337 1997089 bareskrim-tangkap-5-orang-komplotan-sabu-jaringan-indonesia-malaysia-GCLWpxVmVn.jpg Ilustrasi sabu (Okezone)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menangkap lima orang pelaku penyelundupan 7 kilogram sabu-sabu ke Indonesia. Sabu dari Malaysia itu diselundupkan ke Indonesia melalui perairan Batam, Kepulauan Riau.

Dari lima pelaku yang ditangkap, empat di antaranya warga Indonesia yakni berinisial ZLF, ANW, ABK, dan MSK. Satu lagi warga Malaysia berinisial RSC.

"Kami berhasil mengungkap jaringan narkotika internasional Malaysia-Batam-Jakarta," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Eko Daniyanto, Jumat (28/12/2018).

Eko menjelaskan, pengungkapan jaringan itu berawal dari penangkapan terhadap ZLF yang berperan sebagai pemesan sabu. Kemudian dilakukan pengembangan. Polisi selanjutnya menangkap ANW selaku pembeli bubuk haram tersebut.

Selanjutnya dari keterangan tersangka, petugas menangkap ABK. "Dalam hal ini ABK merupakan pihak yang bertugas untuk menyerahkan narkotika sabu ke tersangka ZLF," ungkapnya.

 

Setelah megamankan ketiga tersangka, polisi terus melakukan pengembangan dan kembali menangkap tersangka MSK yang berperan sebagai pengatur keuangan jaringan tersebut.

"Satgas NIC menangkap lagi tersangka WNA Malaysia berinisial RSC yang merupakan pengendali dari Malaysia," tuturnya.

Adapun barang bukti yang disita dari penangkapan itu antara lain tujuh bungkus plastik isi sabu, delapan handphone dan sepuluh buku catatan transaksi peredaran narkotika.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan Pasal 114 (2) jo Pasal 132 ayat 1 jo Pasal 112 Ayat (2) jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang (UU) nomor 35 tahun 2019 tentang narkotika. Dalam hal ini, para tersangka terancam hukuman mati.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini