nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alissa Wahid Ungkap Pesan Gus Dur soal Politik saat Pemilu

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 21 337 1994625 alissa-wahid-ungkap-pesan-gus-dur-soal-politik-saat-pemilu-bbMKvedYay.jpg Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Foto/Okezone

JAKARTA – Putri sulung KH Abdurrahman Wahid alias Gus dur mengungkap pesan ayahnya bagaimana bersikap saat memasuki tahun politik.

Alissa Wahid mengatakan bahwa Gus Dur selalu menekankan politik merupakan sarana untuk menegakkan nilai-nilai kemanusiaan.

Hal ini disampaikannya karena melihat situasi di masyarakat yang dianggapnya sudah sangat mengkhawatirkan karena berbeda pandangan mengenai pilihan politik.

"Situasi ini jelas mengkhawatirkan. Kita harus memberi pesan tegas kepada para calon presiden, calon legilatif, dan masyarakat luas bahwa politik bukan tujuan, melainkan sarana dalam menegakkan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Bukan sebaliknya. Inilah pesan pokok almarhum Gus Dur," kata Alissa Wahid saat acara peringatan Haul ke-9 Gus Dur di Jakarta, Jumat, (21/12/2018).

Foto/Okezone

Peringatan Haul ke-9 Mantan Presiden RI itu dihadiri sejumlah tokoh dengan mengambil tema “Yang Lebih Penting dari Politik adalah Kemanusiaan”.

Alissa menelaskan pihak keluarga dan panitia sengaja mengambil tema tersebut karena Gusdur dikenal sebagai tokoh agama dan pejuang demokrasi dan selalu gigih memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan menolak kekerasan.

"Jika di sebagian masyarakat lebih memilih nilai bahwa menonjolkan kelompok, aliran dan agamanya, lalu abai dengan kepentingan bersama. Kita harus berjuang mendorong nilai kebersamaan sebagai bangsa dan sesama manusia," ungkapnya.

Pantauan di lokasi sejumlah tokoh nasional yang rencananya akan hadir diantaranya Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Mantan Ketua UMUM PSSI Agum Gumelar dan seniman Ebiet G Ade.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini