nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Haul Ke-9 Gus Dur, Momentum Resapi Pemikirannya Merawat Pluralisme

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 22:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 337 1994613 haul-ke-9-gus-dur-momentum-resapi-pemikirannya-merawat-pluralisme-oXLlTSUL6l.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA - Peringatan Haul ke - 9 wafatnya Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) digelar di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018) malam. Kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk menggelorakan kembali pemikiran-pemikiran Gus Dur.

Seperti halnya diakui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menyatakan selalu mengambil pemikiran-pemikiran Gus Dur untuk bekal hidup, terutama dalam merawat pluralisme.

"Tentu kita bersyukur masih bisa merawat kita memperingati wafatnya almarhum KH Abdurrahman Wahid ini kesembilan kali. Kita bisa angkat esensi dari apa yang beliau sampaikan," katanya di kediaman Gus Dur, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Mahfud MD: Gus Dur Tinggalkan Seribu Kenangan bagi Bangsa dan Negara)

Menag Lukman Hakim

Lukman menegaskan, Gus Dur selalu mengajarkan dalam menjalani kehidupan harus selalu disertai dengan menjaga sisi kemanusiaan.

"Harkat martabat kemanusiaan sesama kita. Meskipun boleh jadi kita berbeda-beda atau berada dalam hal yang tidak sama dalam banyak hal. Ini pesan utama yang harus terus jadikan pegangan untuk menatap masa depan," ujarnya.

Pesan Gus Dur yang selalu diingatnya, yakni adanya agama harus mampu memanusiakan manusia.

"Bahwa agama harus selalu hadir justru dalam rangka memanusiakan manusia, jangan gunakan agama atau bahkan jangan peralatan agama justru dijadikan antar-sesama kita saling menafikan, saling merendahkan satu sama yang lain," tutupnya.

(Baca Juga: Gus Dur di Mata Jokowi)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini