nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Jakarta-Surabaya Tersambung, Jokowi: Silakan Dicoba, Mumpung Masih Gratis

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 20:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 20 337 1994109 tol-jakarta-surabaya-tersambung-jokowi-silakan-dicoba-mumpung-masih-gratis-niffNd4n7E.jpg Jokowi meresmikan pengoperasian Tol Trans Jawa. (Foto: Taufik Budi/Okezone)

KENDAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian tujuh ruas Tol Trans Jawa, di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Tengah, ruas tol yang diresmikan Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura.

Sedangkan di Jawa Timur, ruas yang diresmikan adalah Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono, Jombang-Mojokerto seksi Kertosono-Bandar, Surabaya-Gempol seksi Porong-Gempol, dan Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan-Grati.

Foto: Taufik Budi/Okezone

“Sore hari ini di Provinsi Jawa Tengah akan kita resmikan tiga ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 kilometer,” kata Jokowi saat meresmikan peresmian tol Trans Jawa di Jembatan Kali Kuto Kendal, Kamis (20/12/2018).

“Artinya sejak hari ini Merak (Banten) sampai ke Grati di Pasuruan telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati,” tambah Jokowi.

(Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Surabaya Sepanjang 741 Km Akhirnya Tersambung)

Mantan Gubernur DKI tersebut menyampaikan, beroperasinya tol Trans Jawa itu diharapkan bisa memberikan pilihan kepada masyarakat dalam hal transportasi. Tersedianya banyak pilihan jalur, selain mengurangi kepadatan lalu lintas juga mempercepat distribusi barang.

“Kita ingin memberikan pilihan-pilihan kepada masyarakat, mau lewat tol Trans Jawa silakan, mau lewat yang jalan nasional juga silakan. Kita ingin dengan dibangunnya jalan ini mobilitas barang, mobilitas logistik, mobilitas orang, menjadi bisa lebih cepat lagi, lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah,” tandasnya.

Foto: Taufik Budi/Okezone

Sebelum menekan tombol sebagai simbol meresmikan pengoperasian jalan bebas hambatan itu, Jokowi mempersilakan warga untuk melintasi ruas-ruas tol tersebut. Terlebih, pihak pengelola tol belum menerapkan tarif alias gratis.

“Silakan yang ingin mencoba dari Merak sampai Pasuruan, dari Jakarta sampai Surabaya, mumpung masih gratis, yang baru, yang baru saja (diresmikan). Bisa dicoba berapa jam sekarang (waktu tempuh), dulunya berapa jam,” tukasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini